Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jung dewiaa

Bersama MSIB, Mahasiswa UNTAG Surabaya Meraih Pengalaman

Lainnnya | Sunday, 22 Oct 2023, 09:05 WIB
Pelayanan di Kantor Kelurahan Klampis Ngasem

Kemendikbud di bawah Menteri Nadiem meluncurkan program inovatif di dunia pendidikan, spesifiknya untuk mahasiswa, yaitu Kampus Merdeka, yang mana bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar sesuai bakat dan minatnya. Kampus Merdeka terdiri dari 9 program, salah satunya yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Mengikuti MSIB akan banyak memberi pelajaran maupun pengalaman tersendiri, maka dari itu, banyak mahasiswa yang mengikuti program ini, sama halnya dengan Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan antusias mengikuti MSIB Batch 5 yang penempatannya di berbagai instansi. Dari banyaknya instansi, Mahasiswa Untag Surabaya paling banyak diterima di instansi Surabaya, yaitu di Dispendukcapil Surabaya.

Magang di Dispendukcapil Surabaya tidak hanya diam di kantor untuk melayani masyarakat, namun door to door untuk menjalankan kegiatan Kawasan Lingkungan Sadar Adminduk (KALIMASADA).

KALIMASADA adalah program yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Kegiatan KALIMASADA, mensurvei masyarakat diberbagai RT, dengan maksud untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang sadar akan administrasi kependudukan.

Begitu pula kegiatan yang dilakukan salahsatu mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, program studi Administrasi Negara, angkatan 2021 yang diterima di Dispendukcapil Surabaya sebagai Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Klampis Ngasem. Dalam kesehariannya magang di Kelurahan Klampis Ngasem, membantu pelayanan juga melakukan survei KALIMASADA adalah tugas yang dijalaninya setiap hari sampai magang berakhir pada 31 Desember 2023.

Sebagai Pendamping Layanan Administrasi ditugaskan untuk membantu mengurus permohonan masyarakat, seperti membuat KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan lainnya melalui Klampid New Generation (KNG). KNG merupakan sistem kependudukan oleh Dispendukcapil Surabaya dan terintegrasi secara online.

Selama kegiatan magang berlangsung, tidak hanya melakukan pelayanan di kantor, namun terjun langsung ke RT, guna mendata warga yang belum melakukan pendataan di portal KALIMASADA. Selain itu, setiap selasa juga terlaksana kegiatan Sayang Warga, yang mana dari jam 18.00 sampai 20.00 WIB, diadakan di balai RW, bertujuan untuk mempermudah warga agar mendapatkan pelayanan lebih dekat, tak hanya itu, warga yang kerja sampai sore pun bisa mengurus administrasi di malam hari. Dari penuturan salah satu warga ketika melakukan pelayanan malam di balai RW, kegiatan Sayang Warga ini sangat membantunya mengurus administrasi kependudukan.

Melakukan kegiatan magang di Klampis Ngasem sangat membuka pandangan baru terhadap dunia kerja, apalagi berhubungan dengan masyarakat langsung. Pengalaman baru sangat terasa, bagaimana harus menjaga sikap saat melayani masyarakat, cara bertindak juga harus dijaga. Bersyukurnya, seluruh staff dan para atasan sangat suportif juga kerjasama yang bisa di ancungi jempol.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image