Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nindya pramesti prisbayanti

13 Cara Menjadi Pengusaha Muda

How To | Sunday, 22 Oct 2023, 02:36 WIB

13 CARA MENJADI PENGUSAHA MUDA

Menjadi pengusaha adalah salah satu pekerjaan yang banyak di cita-citakan oleh anak muda era sekarang. Melihat banyaknya pengusaha sukses yang membagikan pengalamannya melalui media sosial menjadikan banyak anak muda lainnya yang juga menginginkan posisi tersebut.

Namun, dalam berwirausaha yang sukses pastinya tidak mudah loh teman-teman.

Berikut ini adalah 13 CARA MENJADI PENGUSAHA MUDA:

1. Berani Mengambil Resiko

Dalam hal ini memang cukup sulit untuk para pemuda yang berwirausaha karena melihat kesuksesan pengusaha lain dari media sosial. Namun, Berani mengambil resiko adalah hal yang utama dalam memulai berwirausaha. Harus yakin pada langkah yang sudah ditetapkan.

2. Mampu Berfikir Secara Kritis

Calon wirausaha maupun jika sudah menjadi wirausaha memang harus berfikir secara kritis. Hal ini sangat penting dalam berwirausaha. Karena, dengan berfikir secara kritis ini menjadikan pengusaha dapat membaca peluang dan fokus pada usaha yang dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Disiplin

Nah, dalam berwirausaha juga harus dispilin loh teman-teman. Contohnya adalah, Disiplin pada strategi yang sudah dibuat dan juga dispilin terhadap waktu.

4. Mampu berkerjasama dengan tim

Saat ini banyak sekali wirausaha yang membuat usahanya dengan modal dari beberapa orang. Dalam hal ini kamu harus mampu berkerjasama tim dengan baik dan jujur.

5. Mampu menghadapi segala kesulitan

Semua pekerjaan termasuk berwirausaha sudah pasti akan bertemu dengan kesulitan. Seperti contohnya, Strategi yang sudah dibuat sebaik mungkin belum tentu terlaksana seperti yang sudah direncanakan. Dalam hal ini adalah pengusaha diuji dalam penyelesaian terhadap kesulitan yang ada dalam berwirausaha.

6. Kreatif

Menjadi wirausaha harus kreatif. Kreatif ini sangat berguna untuk usaha yang dibuat. Agar customer tidak bosan dan menjadi perbedaan dengan pengusaha lainnya.

7. Selalu berusaha menjadi yang terbaik

Berusaha menjadi yang terbaik menjadi prioritas dalam berwirausaha. Menjadi yang terbaik dalam segi pelayanan, produk, dan lainnya. Berusaha menajdi yang terbaik adalah salah satu pemicu semangat dalam berwirausaha agar dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

8. Percaya diri

Percaya diri juga sangat penting loh untuk mulai berwirausaha. Dengan percaya diri yang kamu miliki ini, maka kamu akan semakin yakin dan berani pada saat mengambil keputusan dan juga yakin dalam tujuan yang akan dicapai dalam berwirausaha.

9. Visi dan Misi

Visi dan Misi harus jelas adanya dalam memulai menjadi pengusaha. Kamu harus mempunyai visi dan misi jangka panjang. Visi dan misi yang dapat berisi tentang tujuan usaha, target usaha, dan lain sebagainya.

10. Berinovasi

Berinovasi dalam berwirausaha dapat berpengaruh pada kepuasan para customer dan juga menjadi nilai dalam bersaing. Inovasi biasanya dilakukan dengan cara meriset psar dan kebutuhan customer, riset gaya hidup konsumen, membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan era saat ini (harus mengikuti zaman), cek kelebihan dan kekurangan produk pesaing.

11. Fokus terhadap satu usaha

Cita-cita berwirasuaha sudah pasti ingin usahanya menajdi besar dan dapat membuka cabang lebih dari 1. Akan tetapi, menjadi pengusaha baru itu harus fokus dalam membuat usaha. Berikan yang terbaik untuk karyawan dan juga konsumen dan harus selalu menjaga konsistensi.

12. Evaluasi

Melakukan Evaluasi secara berkala pada usaha yang digeluti ini sangat penting loh dalam berwirausaha. Dengan adanya evaluasi ini pengusaha menjadi lebih tau dan mempelajadi kekurangan yang perlu diperbaiki agar menjadikan peningkatan pada usaha yang digelutinya.

13. Membangun relasi

Mencari relasi atau membangun relasi yang baik juga termasuk hal yang sangat penting dalam berwirausaha. Adanya relasi menjadikan usaha yang ada akan semakin berkembang dan akan diketahui adanya usaha ini oleh banyak orang. Selain itu juga dengan adanya relasi baik dapat menjaga hubungan berwirasusaha dengan jangka panjang.

Diatas adalah 13 Cara Menjadi Pengusaha Muda yang dapat teman-teman lakukan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Semangat!!!

Nindya Pramesti Prisbayanti Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image