Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pengaruh Laporan Arus Kas pada Investasi

Eduaksi | Friday, 20 Oct 2023, 16:04 WIB
https://th.bing.com/th/id/OIP.DImv5eXbUPtmKhBZC0UMOQAAAA?pid=ImgDet&rs=1

Hai teman-teman pembaca Republika, sebelum teman-teman mengetahui pengaruh Arus kas terhadap investasi, mari sebaiknya kita pelajari pengertian laporan arus kas terlebih dahulu yuk!

Apa yang dimaksud dengan Laporan Arus Kas?

Arus kas adalah laporan keuangan yang menunjukkan arus masuk dan keluar kas perusahaan selama periode tertentu.

Menurut PSAK No.2 (IAI: 2009:2.2), “Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas." Berikut adalah beberapa definisi arus kas menurut para ahli:

1. Menurut Hery (2012: 202), “Laporan arus kas merinci sumber penerimaan maupun pengeluaran kas berdasarkan aktivitas operasi, investasi, dan pembiayaan."

2. Menurut Harahap (2004:258), “Definisi arus kas adalah uang dan surat berharga lainnya yang dapat diuangkan setiap saat serta surat berharga lainnya yang sangat lancar yang memenuhi syarat sebagai berikut, setiap saat dapat ditukar menjadi kas, tanggal jauh temponya sangat dekat, kecil resiko perubahan nilai yang disebabkan oleh perubahan tingkat bunga."

3. Menurut Kuswadi (2005:238), “Arus kas adalah kas masuk dan arus kas keluar atau setara kas. Kas terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro. Setara kas (cash equivalent) adalah investasi yang sifatnya sangat liquid, berjangka pendek dan dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko perubahan nilai yang signifikan.”

Pasti teman-teman penasarankan apa sih pengaruhnya laporan arus kas terhadap investasi? Yuk Simak penjelasan berikut!

Cash flow atau laporan arus kas adalah bagian penting dari sebuah bisnis atau investasi. Laporan arus kas bisa digunakan oleh investor dan pebisnis untuk mengambil keputusan mengenai investasi. Keluar masuknya dana yang sehat akan memungkinkan pelaku usaha untuk bermanuver bebas dalam berinvestasi. Selain itu, cash flow yang baik akan terefleksi pada laporan keuangan sehingga mempengaruhi harga saham.

Laporan arus kas terdiri dari tiga jenis aktivitas utama, yaitu aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Dalam laporan ini, terdapat tiga jenis aktivitas utama yang dicantumkan, yaitu aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Komponen laporan Cash Flow terdiri dari tiga bagian yaitu arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan.

Pada tahap pengambilan keputusan investasi, cash flow sangat penting karena dapat memberikan gambaran mengenai kesehatan keuangan perusahaan. Dengan mengetahui keluar masuknya dana yang sehat, investor dapat memutuskan apakah perusahaan tersebut layak untuk diinvestasikan atau tidak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image