Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Tips Agar Pertemanan Tetap Terjaga

Gaya Hidup | Friday, 20 Oct 2023, 15:57 WIB

Dalam menjalani kehidupan sudah tentu kita akan membutuhkan teman-teman yang bisa mendukung kehidupan yang tengah kita jalani selama ini. Dalam hal ini baik teman sekolah maupun teman di sekitar tempat tinggal. Karena itu sangat wajar jika di dalam menjalin pertemanan yang ada haruslah dipahami beberapa hal sehingga kita akan bisa apa yang harus dilakukan dan apa yang tak boleh dilakukan dalam pertemanan itu.

Asyiknya jika kita mampu menjaga pertemanan yang ada (Foto :Dokumen Pribadi Penulis)

Tentu saja hal ini harus dimengerti secara utuh agar tidak menimbulkan konflik dalam pertemanan yang terjalin. Terkadang karena hal sepele seringkali pertemanan yang ada menjadi rusak padahal sesungguhnya pertemanan itu sangat berarti bagi kehidupan kita karena teman dapat dipssikan sebagai saudara dalam waktu tertentu dan kondisi tertentu. Memiliki teman yang baik jelas akan membuat kita senang dan Bahagia karena di sana akan tercipta saling pengertian dan saling dukung denga napa yang kita lakukan sehingga keduanya saling menopang did alam mewujudkan sesuatu.

Kalini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pertemanan agar pertemanan kitab isa berjaan langgengd an memberi manfaat untuk kita sendiri

1. Pahami pertemanan itu sebagai silaturahmi yang utuh

Sebuah hadist menerangkan di mana orang yang ingin dipanjangkan umur dan diluaskan rezeki maka jalinlah silaturahmi. Ini sesungguhnya landasan pertemanan yang kita lakukan. Jadi dalam pertemanan tentunya harus dilandasi dengan niat lilahi taala, berusaha memanjangkan umur kita dengan berkenalan kepada banyak orang serta untuk mendapatkan rezeki. Dan benar ketika kita beribadah kepada Allah maka hubungannya vertical hanya dengan Allah tetapi menjalankan ibadah dengan sesame manusia maka tentu saja akan berhubungan langsung dengan banyak orang dan itu sangat memungkinkan terbukanya pintu rezeki kita.

2. Ramah dan sebarkan senyum kepada teman-teman kita

Salah satu hal yang sederhana dan mudah dilakukan adalah tersenyum kepada semua orang termasuk kepada teman kita karena hal itu akan menyenangkan hatinya. Ada baiknya kita bersikap ramah kepada teman kita karena itu akan membuka hatinya untuk bisa bersama dengan kita. Karena itulah hindarilah hal-hal yang dapat membuat teman-teman kita menjadi tidak senang dengan perilaku kita yang menyebalkan sehingga mereka senantiasa akan menjauh dari diri kita.

3. Jika meminjam barang miliknya harus segera mengembalikannya

Dalam hidup kita terkadang tak memiliki barang yang kita butuhkan. Karena itu pulalah maka terkadang guna memenuhinya kemudian kita meminjam kepada teman kita. Namun masalahnya, terkadang hubungan pertemanan rusak gara-gara sepele karena kita tak mengembalikan barang yang dimilikinya. Maka dari itu untuk menghidari hal ini terjadi maka kalau sudah pinjam barang milik teman maka segera kembalikan kepada pemiliknya.

4. Bantu dan tolonglah kala dia membutuhkannya

Tentu saja ketika menjalankan pertemanan tak selamanya hubungan yang terjalins elalu manis adanya. Terkadang pertemanan itu bisa sedikit terhambat karena melihat teman kita seolah tak mau berkomunikasi dengan kita. Ternyata bukan karena ulah kita melainkan teman kita sedang mengalami maalah yang butuh jalan keluar. Ole h ebab itu dalam hal ini kita sebagai teman sebaiknya bisa membantud an menolongnya sesuai kemampuan kita. Teman yang baik adalah teman yang bsia membantud an menolong di kala temannya sedang mengalami kesusahan.

5. Ingatkan teman kita jika melakukan kesalahan secara bijak

Dalam kehidupan yang dijalanis eringkali orang bisa berbuat kesalahan termasuk mungkin yang dilakukan oleh teman kita.kalau kita melihat hal itu terjadi maka ada baiknya kita mengingatkannya dengan cara yang bijak. Mengapa hal itu perlu dilakukan karena bila membiarkan teman yang melakukan kesalahan tanpa kita mengingatkannya sama artinya dengan membuat dia ada dalam masalah. Untuk menghindari hal itu,ingatkan dia secara bijak karena kita sangat menyayanginya dan jangan teman kita menjadi salah langkah.

Itulah barangkali tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pertemanan. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi pembaca.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image