Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ronnan Fairuzy Nursito Larre

Buah Murbei: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi dalam Setiap Gigitan

Edukasi | Friday, 20 Oct 2023, 15:20 WIB
Sumber: https://pixabay.com/photos/mulberry-fruit-food-fresh-sweet-5092327/

Oleh Ronnan Fairuzy Nursito Larre, Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Indonesia

Pernahkah anda melihat buah murbei? Buah murbei adalah salah satu buah yang mungkin belum begitu dikenal secara luas, tapi memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah murbei dapat ditanam di tempat yang berikliim subtropis dan tropis. Buah ini termasuk ke dalam golongan berry sehingga rasanya mirip dengan buah berry lainnya. Karakteristik buah ini biasanya kecil, berwarna merah muda hingga ungu gelap, dengan rasa manis yang khas.

Buah ini biasanya diolah menjadi selai, teh, sirop, atau manisan kering. Buah murbei berasal dari pohon Morus, yang juga menghasilkan daun yang digunakan sebagai makanan ulat sutra. Buah murbei memiliki tiga varietas utama: hitam, merah, dan putih, masing-masing dengan karakteristik rasa dan tekstur yang sedikit berbeda.

Manfaat Buah Murbei

Meskipun memiliki ukuran buah yang tergolong kecil, ternyata buah murbei memiliki nutrisi melimpah yang sangat bermanfaat bagi manusia. Berikut beberapa manfaat dari buah murbei.

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Antioksidan yang tinggi merupakan salah satu manfaat terbesar buah murbei. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Yaitu sesuatu yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga membantu tubuh untuk terhindar dari penyakit kanker. Faktanya, buah murbei termasuk salah satu buah dengan kandungan antioksidan tertinggi di dunia.

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Buah murbei mengandung vitamin C, vitamin K, dan zat besi yang mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi, membuang racun, dan mendukung proses penyembuhan. Vitamin K berperan penting untuk pembekuan darah yang sehat dan membantu tubuh untuk melawan kondisi autoimun. Selain meningkatkan percepatan pembekuan darah, vitamin K juga memastikan tubuh kita agar tidak mudah memar, dan jika terjadi luka memar akan cepat sembuh. Zat besi adalah nutrisi penting untuk produksi sel darah merah. Di dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang berguna untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh manusia.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah murbei juga merupakan sumber yang baik untuk memperoleh vitamin A. Manfaat utama dari vitamin A yaitu penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berguna untuk mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal untuk dikirimkan ke otak. Vitamin A membantu menjaga kesehatan penglihatan yang baik, melindungi sel di dalam mata dari kerusakan, dan mencegah gangguan mata, seperti rabun senja.

4. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Buah murbei mengandung serat yang sangat membantu dalam pencernaan yang sehat. Serat membantu mengurangi risiko sembelit dan melancarkan pencernaan, serta memelihara kesehatan usus. Dengan kandungan seratnya, buah murbei cocok dijadikan sebagai makan untuk program diet. Selain itu, kandungan rendah kalori yang dimiliki buah murbei semakin memperkuat bukti bahwa buah murbei sangat cocok untuk dijadikan makanan program diet.

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah murbei memiliki kemampuan untuk membantu mengatur gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak murbei dapat membantu mengurangi penyerapan gula dalam saluran pencernaan, yang berarti ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Buah ini mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang berguna untuk memperlambat pencernaan dan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa di usus. Sehingga dapat mencegah peningkatan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Buah murbei juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita, seperti LDL (Low Density Lipoprotein) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar lemak baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dalam tubuh. Walaupun buah murbei dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, kita juga perlu menjaga kadar kolesterol normal tubuh dengan menjaga pola hidup yang sehat. Seperti melakukan olahraga yang rutin dan teratur.

Cara Menikmati Buah Murbei

Ada banyak cara untuk menikmati buah murbei. Kita bisa mengonsumsinya dalam keadaan segar atau mengeringkannya menjadi camilan sehat. Dengan nutrisi yang melimpah, murbei sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehat karena kalorinya yang rendah. Murbei kering sangat populer dan bisa digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari sereal hingga salad buah. Anda juga bisa mencampurnya dalam smoothie, atau bahkan menggunakannya sebagai tambahan dalam baking seperti roti atau muffin.

Buah murbei adalah salah satu rahasia kesehatan yang patut kita perhatikan. Kandungan antioksidan tinggi, dukungan untuk sistem kekebalan tubuh, dan manfaat kesehatan lainnya menjadikan buah ini sebagai tambahan yang luar biasa untuk diet sehari-hari. Jadi, cobalah untuk menyertakan murbei dalam menu makanan Anda dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image