Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ajeng wusono

Stop Makan dengan Bermain Handphone! Ayo Mulai Terapkan Mindfull Eating dan Kenali Manfaatn

Gaya Hidup | Friday, 20 Oct 2023, 10:14 WIB

Apakah Anda mempunyai kebiasaan makan dengan bermain handphone? Atau makan sembari dengan menonton Youtube/televisi, mengerjakan tugas, hingga bermain social media? Ternyata hal itu merupakan hal yang buruk loh teman teman!

1,656 Fast Food Addiction Stock Video Footage - 4K and HD Video Clips | Shutterstock)" />
ilustrasi makan sambil bermain handphone(1,656 Fast Food Addiction Stock Video Footage - 4K and HD Video Clips | Shutterstock)

Makan sembari bermanin handphone,menoton Youtube/televisi, mengerjakan tugas, hingga bermain social media dikenal dengan istilah distracted eating. Fenomena ini sudah kerap kita temui pada kalangan anak-anak hingga dewasa. Dilansir dari The Effects of Distraction on Consumption, Food Preference, and Satiety: A Proposal of MethodsCarli A. Liguori, Sharon M. Nickols-Richardson, distracted eating didefiniskikan sebagai suatu kegiatan mengkonsumsi makanan yang disengaja saat melakukan aktivitas sekunder sehingga makna atau ingatan akan makanan berkurang atau terlupakan sama sekali. Distracted eating dapat mengakibatkan sesorang rentan untuk mengalami overeating yang dapat berpengaruh pada resiko terjadinya obesitas dan gangguan kesehatan lain.

Lalu bagiamana dengan mindfulll eating? Apa itu mindfull eating ? Dilansir dari Mindful Eating The Nutrition Source oleh Hrvard T.H.Chan,mindful eating adalah makan dengan fokus yang disengaja pada pikiran, emosi, dn sensasi fisik seseorang. Target dari mindful eating adalah supaya seseorang menjadi lebih sadar dan dapat dengan tepat mengenai pilihan makanannya. Mindfull eating adalah makan dengan penuh kesadaran penuh yang berarti seseorang makan dengan menggunakan semua indera fisik dan emosionalnya untuk menikmati dan merasakan pilihan makanannya. Makan dengan metode mindfull eating tentu saja membantu seseorang untuk meningkatakan rasa syukur terhadap makanan dan menikmati pengalaman makan secara keseluruhan.

Mindfull eating memiliki beragam dampak dan juga manfaat positif bagi kesehtan tubuh, diantaranya:

1.Memilki kontrol terhadap makanan dan mencegah overeating

Melalui mindfull eating membantu untuk lebih menikmati makanan melalui rasa makanan, tekstur makanan, dan meningkatkan kepuasan terhadap makanan tersebut. Melalui mindfull eating juga mencegah seseorang untuk overeating terhadap makanan yang dikonsumsinya. Seringkali kita temukan orang yang makan dengan diselingi menonton film, bermain gadget, atau pun mengerjakan tugas. Keadaan tersebut beresiko seseorang tersebut dapat overeating terhadap makanan yang dikonsumsinya yang dapat berakibat meningkatnya berat badan.

2.Memiliki hubungan dan keterkaitan dengan makanan yang dikonsumsi

Mindfull eating dapat membantu untuk mengatasi pola makan yang tidak sehat dan mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan makanan yang dikonsumsi. Ketika kita mulai untuk mempraktikkan mindfull eating saat kita makan hal itu membantu kita untuk memiliki kedekatan emosional dengan makanan akan yang kita konsumsi. Hal ini juga meningkatkan rasa syukur dan terimakasih terhadap makanan yang kita konsumsi.

3.Menurunkan resiko gangguan pencernaan

Penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dapat disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Dengan menerapkan mindfull eating dapat membantu untuk mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti penyakit bulimia atau anoreksia, maag, hingga ganggunan eating disorder dan apabila penyakit tersebut tidak segera ditangani dapat berakibat resiko yang buruk jangka panjang hingga bisa menyebabkan kematian.

4.Manajemen stress

Praktik mindfull eating dalam mengkonsumsi makanan yang kita konsumsi dapat membantu seseorang untuk mengelola stress dengan baik, karena dalam dalam praktik mindfull eating kita belajar untuk dapat sadar terhadap perasaan dan emosi yang kita rasakan ketika sedang makan.

5.Membantu menjaga asupan nutrisi harian dengan porsi yang tepat

Mengetahui nutrisi makanan yang akan kita konsumsi dapat kita ketahui lewat praktik mindfull eating sehingga kesehatan seseorang tersebut dapat terjamin. Dengan melakukan mindfull eating seseorang dapat menjaga serta mengetahui asupan nutrisi dari makanan tersebut sehingga kesehatannya menjadi lebih terjamin.

Melihat pengaruh dan dampak yang positif mengenai mindfull eating yang sangat baik bagi kesehatan. Lalu bagaimana cara untuk memulai menerapkan mindfull eating?

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memulai menerapkan mindfull eating:

1.Mengetahui makanan apa yang akan dikonsumsi

2.Makan di meja makan dan jangan menunggu hingga kelaparan

3.Fokus pada makanan yang akan dikonsumsi dan hindari berbagai macam distraksi seperti menonton youtube, bermain gadget, atau mengerjakan sesuatau.

4.Kunyah makanan yang dikonsumsi hingga benar-benar halus sebelum menelannya

5.Kurangi kecepatan makan dan nikmati setiap gigitan

6.Berhenti makan ketika sudah kenyang.

Mindfull eating merupakan pendekatan yang mendorong kesadaran dan perhatian terhadap makanan yang dikonsumsi. Dengan mempraktikkan mindfull eating seseorang dapat lebih memperhatikan dan memahami makanan yang dikonsumsinya. Dalam keseluruhan, mindfull eating adalah cara sehat untuk memiliki kedekatan dengan makanan yang dikonsumsi dengan kesadaran dan penghormatan terhadap tubuh, pikiran, dan makanan yang dikonsumsi. Ayo mulai mepraktikkan mindfull eating!

Rerensi:

Jurnal mindfull eating https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5556586

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image