Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almira Syifa Nesya Putri

Mengetahui Apa Itu Organisasi Himpunan Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Edukasi | Monday, 16 Oct 2023, 18:45 WIB

Istilah himpunan mahasiswa , juga dikenal sebagai hima, pasti tidak asing bagi anda yang baru saja memasuki perguruan tinggi atau akan melanjutkan pendidikan di universitas impian anda. Anda mungkin bertemu dengan Hima atau bahkan ditawarkan untuk bergabung sebagai anggota setelah memilih jurusan di universitas. Apa sebenarnya Hima? Apa yang dilakukan oleh organisasi intra kampus?

Dalam ruang lingkup jurusan universitas, himpunan mahasiswa adalah organisasi yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan ekstrakurikuler. Organisasi ini biasanya didirikan sebagai tempat untuk mengatur dan menyelenggarakan kegiatan untuk kepentingan mahasiswa jurusan.

Pada dasarnya, Himpunan Mahasiswa terdiri dari dua kelompok: Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). HMJ dan HMPS berada di tingkat fakultas dan diawasi oleh Senat Mahasiswa atau BEM fakultas. Semua kegiatan yang diadakan oleh HMJ atau HMPS harus terkait dengan program-program Senat Mahasiswa.

Dalam kebanyakan kasus, kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa terbatas pada kegiatan yang dapat dilakukan di tingkat jurusan atau di lingkungan jurusan. Khususnya, kegiatan-kegiatan tersebut harus berfokus pada pengkajian dan pengembangan pengetahuan yang tersedia untuk setiap jurusan. Dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, misalnya, akan ada Himpunan Mahasiswa PLS, dan sebagainya.

Jadi, Himpunan Mahasiswa dibentuk sesuai dengan jurusan di fakultas. Namun, jika fakultas hanya memiliki satu jurusan, himpunan mahasiswa pun hanya akan ada satu.

Dalam organisasi himpunan mahasiswa, kepengurusan terdiri dari lima pengurus: ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota pengurus lainnya sesuai kebutuhan. Pengurus himpunan mahasiswa biasanya dipilih oleh seluruh mahasiswa jurusan dalam pemilihan raya seperti pemilihan.

Oleh karena itu, prinsip yang dipegang oleh Himpunan Mahasiswa adalah untuk, oleh, dan untuk mahasiswa. Oleh karena itu, setiap konsekuensi dari kebijakan ini—kecuali yang ditetapkan oleh organisasi kemahasiswaan yang setingkat di atasnya, seperti Senat Mahasiswa, Dekan, atau BEM Fakultas—akan ditanggung oleh Himpunan Mahasiswa sendiri.

Secara umum, himpunan mahasiswa adalah sekumpulan siswa yang berasal dari jurusan yang sama dan memiliki tujuan dan tujuan yang sama.

Tujuan dari Himpunan Mahasiswa

Setelah mengetahui bahwa himpunan mahasiswa adalah organisasi di ruang lingkup jurusan, Anda harus mengetahui tujuan dari organisasi tersebut. Jika Anda melihat tujuannya satu per satu, ada banyak sekali. Namun, tujuan berikut adalah tujuan himpunan mahasiswa yang harus Anda ketahui.

1. Sebagai Pemersatu

Salah satu organisasi mahasiswa adalah himpunan mahasiswa, yang berfungsi untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mahasiswa pada tingkat jurusan. Himpunan mahasiswa pasti memiliki kegiatan yang dirancang khusus untuk mahasiswa, dan dengan demikian diharapkan mahasiswa HIMA dapat bersatu untuk mencapai tujuan bersama.

2. Memenuhi Keinginan Mahasiswa

Tujuan kedua dari adanya himpunan mahasiswa adalah untuk menampung aspirasi mahasiswa. Di sini, Anda bisa menyampaikan keluh kesah dan pendapat Anda tentang program studi atau jurusan Anda. Biasanya, aspirasi ini akan disampaikan kepada ketua prodi untuk didiskusikan.

3. Penyalur Kreativitas

Tujuan ketiga dari adanya himpunan mahasiswa adalah sebagai penyalur bakat. Himpunan mahasiswa biasanya memiliki departemen yang dipimpin oleh orang-orang yang memiliki kemampuan yang berbeda, jadi Anda dapat bergabung dan menjadi bagian dari departemen tersebut untuk menyebarkan bakat Anda.

4. Menjaga Eksistensi Jurusan

Tujuan keempat dari himpunan mahasiswa adalah untuk menjaga eksistensi jurusan. Himpunan mahasiswa biasanya menjadi organisasi yang bisa menarik para mahasiswa untuk mendaftarkan diri. Dengan begitu maka jurusan akan memiliki mahasiswa-mahasiswa aktif dan berprestasi untuk memajukan dan menjaga eksistensi sebuah jurusan.

Manfaat Bergabung dengan Himpunan

Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan himpunan mahasiswa, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan bergabung dengan organisasi himpunan mahasiswa:

1. Mendapatkan banyak hubungan

Manfaat pertama dari membentuk himpunan mahasiswa adalah membangun banyak relasi. Meskipun organisasi ini masih kecil, bergabung dengannya akan membuat Anda bertemu dengan orang baru yang mungkin sebelumnya tidak Anda kenal. Ini pasti lebih baik daripada hanya mengenal teman satu angkatan atau kelas.

2. Membantu dalam Pembelajaran Akademik

Himpunan mahasiswa adalah kumpulan orang yang biasanya mengadakan kegiatan yang membantu siswa belajar. Mereka sering berbicara dan membantu siswa belajar. Ketika Anda bergabung dengan HIMA, Anda juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kompetisi.

4. Meningkatkan Kecerdasan Kepemimpinan

Salah satu keuntungan bergabung dengan sebuah organisasi adalah ini. untuk memiliki kemampuan untuk melatih jiwa kepemimpinan. Mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan, yang merupakan salah satu komponen yang paling penting. Ini dapat diajarkan di organisasi himpunan mahasiswa karena akan selalu berkutat pada kegiatan yang membutuhkan pimpinan. Anda dapat berpartisipasi.

5. Membantu Bersosialisasi

Semua orang harus dapat bersosialisasi. Bergabung dengan himpunan mahasiswa akan membantu Anda belajar bersosialisasi. Berbicara di depan umum, bekerja sama dengan orang lain, menghargai pendapat lawan bicara, dan banyak lagi adalah bagian dari komunitas ini.

Itulah penjelasan mengenai apa itu himpunan mahasiswa, pengertian, tujuan serta manfaat apa saja yang terdapat di himpunan mahasiswa program studi. Sebagai mahasiswa, Anda akan memiliki banyak pengalaman baru dan pencapaian yang dapat diraih saat bergabung dengan himpunan mahasiswa atau organisasi lainnya.

Almira Syifa Nesya Putri Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image