Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image iSleep Device

Mahasiswa UB Ciptakan Sistem Rehabilitasi Pola Tidur Dengan Pendeteksi Postur Tubuh Berbasis AI

Teknologi | Thursday, 12 Oct 2023, 23:31 WIB

Malang, 12 Oktober 2023 - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Fakultas Ilmu Komputer mengembangkan inovasi sistem pintar dan terotomatisasi untuk rehabilitasi kebiasaan penderita insomnia yaitu sistem iSleep. Inovasi ini memiliki 3 sistem yang terintegrasi dalam satu kesatuan, yakni Smartlamp, Smartband, dan aplikasi iSleep. Smartlamp adalah perangkat yang digunakan untuk membuat lingkungan tidur nyaman, sedangkan Smartband adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi postur pengguna, dan ada aplikasi iSleep yang dapat menampilkan hasil kebiasaan tidur pengguna dan mengatur Smartlamp.

Inovasi ini dikembangkan oleh tim mahasiswa UB dengan ketua Ni Made Ayu Astina Sari (FILKOM) dan Anggota tim yang terdiri atas Talitha Dwi Arini (FILKOM), Muhammad Alifiansyah Firdaus (FILKOM), Gavin Argyatama Awandana (FILKOM), dan Farid Nafis Tsani (FILKOM). Tim iSleep dibimbing oleh Dahnial Syauqy, S.T., M.T. dari Fakultas Ilmu Komputer.

"Rehabilitasi pola waktu tidur yang dilakukan oleh sistem dimulai dari pembiasaan habit dan kebiasaan penggunanya dalam menempatkan kondisi tubuh dan lingkungannya untuk menuju fase tidur. Ketiga subsistem yang terintegrasi didesain untuk membantu hal tersebut sekaligus melakukan monitoring perkembangannya secara harian," tutur Dahnial Syauqy, selaku pembimbing tim iSleep.

Smartband dari sistem iSleep ini dilengkapi dengan sensor akselerometer yang digunakan untuk mengukur tingkat kemiringan dari tubuh pengguna. Data kemiringan pengguna akan diproses dalam Smartband dengan bantuan Artificial Intelligence untuk mengklasifikasi postur dari pengguna apabila sedang berbaring atau tidak. Data hasil klasifikasi kemudian akan dikirimkan ke aplikasi iSleep melalui jaringan internet. Aplikasi iSleep akan menampilkan seberapa lama pengguna telah berbaring berdasarkan data tersebut.

Selain Smartband, terdapat Smartlamp yang merupakan sebuah lampu dengan speaker dan humidifier yang dapat membuat lingkungan tidur semakin nyaman. Smartlamp dapat diatur berdasarkan pengaturan yang ada di aplikasi melalui jaringan internet. Dengan adanya Smartlamp dari sistem iSleep ini, penderita insomnia akan mendapatkan relaksasi melalui indera penciuman, penglihatan, dan pendengaran.

"Tidur adalah harta yang tak ternilai. Jadikan sistem iSleep ini sebagai sahabat terbaikmu untuk tidur yang nyaman." Ucap Ni Made Ayu Astina Sari sebagai ketua tim. “sistem iSleep ini bisa membawamu tidur dengan nyaman sampai mimpi indah”.

Sistem iSleep ini berencana untuk mengembangkan inovasi ini sebagai langkah perbaikan tidur bagi masyarakat, mulai dari indonesia hingga ke dunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image