Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dulure Rafatar

Inilah Aplikasi Chatting Selain Whatsapp yang Juga Populer

Teknologi | Saturday, 01 Jan 2022, 10:33 WIB

Kini WhatsApp menjadi aplikasi chatting dengan pengguna yang melimpah ruah di Indonesia. Dikutip dari akun resminya di Twitter, Kamis (25/2/2021), WhatsApp mengatakan kini sudah melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, ada 100 miliar pesan dan 1 miliar panggilan yang dilakukan setiap hari di aplikasi ini.

Di sisi lain, WhatsApp memberlakukan kebijakan privasi barunya hingga 15 Mei pada penggunanya untuk menyetujuinya. Pengguna WhatsApp yang menolak untuk menerima persyaratan privasi baru masih dapat menggunakan aplikasi tersebut selama 120 hari ke depan.

Persyaratan baru ini akan memungkinkan Facebook dan WhatsApp untuk berbagi pembayaran dan data transaksi untuk membantu mereka menargetkan iklan dengan lebih baik karena Facebook memperluas penawaran eCommerce dan berupaya menggabungkan platform olah pesan mereka.

Sementara itu, jika pengguna masih tidak menerima ketentuan privasi baru di batas akhir 120 hari setelah 15 Mei, WhatsApp akan menghapus akun pengguna tersebut.

Tetapi jangan cemas, ada aplikasi chatting alternative yang bisa kamu gunakan dengan kebijakan privasi yang berbeda, berikut merdeka.com merangkumnya dari laman dnaindia.com:

Aplikasi chat selain Whatsapp yang mudah dan praktis digunakan yang pertama yaitu aplikasi Signal.

SIGNAL APP

Signal App adalah aplikasi perpesanan dengan fokus pada privasi dan telah ada sejak 2014. Tagline Signal adalah 'Say Hello to Privacy' dan layanannya dienkripsi end-to-end seperti WhatsApp.

Faktanya, WhatsApp menggunakan protokol Signal untuk fitur enkripsi end-to-end nya. Namun berbeda dengan WhatsApp, Signal tidak dimiliki oleh Facebook.

Menurut Elon Musk, aplikasi perpesanan instan Signal adalah aplikasi paling aman di dunia. Aplikasi Signal tidak meminta data pribadi pengguna, yang sekarang dilakukan WhatsApp atas nama kebijakan privasi.

Fitur khusus tentang Aplikasi Signal adalah sepenuhnya aman dan tidak ada rasa takut data pengguna dibagikan. Berarti semua data pribadi pengguna tetap bersifat pribadi.

Itu juga tidak mengirim cadangan pengguna yang tidak aman ke cloud dan itu menjaga database terenkripsi aman di teleponmu.

TELEGRAM

Telegram dipandang sebagai pilihan yang lebih baik oleh banyak orang ketika mereka mempertimbangkan privasi dan keamanan komunikasi online mereka. Ia menjadi aplikasi chat selain Whatsapp yang mudah dan praktis digunakan di samping Signal.

Penggemar aplikasi seluler berbagi tabel dan grafik untuk membandingkan kedua platform juga. Telegram adalah solusi perpesanan lintas platform dengan enkripsi end-to-end yang gratis untuk digunakan.

Telegram juga mengklaim lebih aman daripada WhatsApp karena menggunakan protokol MTProto. Telegram pun mengklaim bahwa ia menggunakan infrastruktur terdistribusi.

Telegram dianggap sebagai salah satu platform terbaik untuk keamanan dan cukup pribadi sehingga beberapa pemerintah tidak suka warganya menggunakannya. Sebagai layanan obrolan, ini pasti lebih dari cukup untuk apa saja yang dibutuhkan.

Aplikasi Viber

Aplikasi chat selain WhatsApp berikutnya yang mudah digunakan yakni aplikasi Viber. Viber menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi percakapan lebih dari satu miliar penggunanya dari peretas dan "rezim".

Selain itu, perusahaan telah memastikan bahwa setiap pengguna memiliki kunci kriptografi individu yang terkait dengan perangkatnya, sehingga kamu dapat memanfaatkan lapisan keamanan tambahan.

Pengguna dapat secara manual mengautentikasi kontak untuk memilih mereka "dipercaya" yang mengubah warna kunci menjadi hijau.

Selain itu, ia juga memiliki fitur lain yang disebut obrolan tersembunyi yang akan memungkinkan pengguna menyembunyikan obrolan tertentu dari layar utama sehingga tidak ada yang tahu selain obrolan itu.

Snapchat

Meskipun Snapchat secara teknis bukan hanya aplikasi perpesanan melainkan aplikasi media sosial, namun berkat beberapa fitur unik yang tidak dapat ditawarkan oleh aplikasi perpesanan lain, snapchat bisa menjadi alternative menarik.

Misalnya, kamu dapat mengirim pesan yang dapat hancur sendiri setelah jangka waktu tertentu. Itu juga memberi tahu kamu ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari obrolan saya dengan mereka.

Akhirnya, ia menawarkan koleksi fitur terbaik dari semua aplikasi yang membuat aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image