Menginspirasi, dari Magang Hotel di Jerman hingga Jadi Property Developer Perumahan

Edukasi  
Potret Mark Victor Yanson

Kisah inspiratif Mark, pria muda dari Indonesia bernama lengkap Mark Victor Yanson, patut menjadi inspirasi bagi anak muda di Indonesia untuk bermimpi besar. Mengetahui bahwa biaya kuliah dan hidup di Jerman cukup terjangkau, dengan tekad yang bulat, Mark berhasil mengatasi segala ketakutan dan rintangan untuk menempuh kuliah di salah satu negara dengan standar pendidikan terbaik di dunia dan berhasil menjadi sarjana insinyur lulusan Jerman.

“Saya tidak memiliki keluarga dan teman satu pun di Jerman, bahkan saat berangkat belum cakap dalam berbahasa Jerman. Baru saya sadari ketika di Jerman, untuk bisa mendapatkan kuliah yang gratis, kita harus kuliah dalam bahasa Jerman, sehingga saya harus college satu tahun di kota kecil Bernama Kothen," ungkapnya.

Perjuangan di Jerman

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak disangka, perjalanan pendidikan Mark dimulai di kota yang terkenal sebagai kota mati. Jauh dari perkotaan dan dikelilingi oleh orang yang belum terbuka terhadap pendatang, sehingga banyak kasus kekerasan bahkan pembunuhan terhadap orang asing.

Setelah lulus dari college di kota Kothen, Anhalt, Jerman Timur, Mark meneruskan Pendidikannya di HTW Berlin, jurusan Facility Management.

“Saya dari dulu menyukai rumah, gedung, dan hospitality. Bagaimana orang bisa mengelola sebuah bangunan dan kawasan dari segi keamanan, kenyamanan, efisiensi bahkan SDM. Saya bercita-cita membawa sistem dan standar manajemen Jerman ke Indonesia sehingga meningkatkan kualitas bangunan dan standar hidup masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Perjalanan studi di Jerman tidaklah mudah, ditambah ayah dari Mark mengalami serangan stroke yang ketiga, sehingga Mark berkomitmen untuk tidak meminta lagi uang bulanan dari orang tuanya.

“Di tengah perjalanan kondisi ayah saya semakin buruk, sehingga saya memutuskan sejak semester 2 sudah bekerja di sebuah Hotel di Berlin. Saya tidak lagi meminta uang bulanan dari orang tua saya bahkan sampai lulus kuliah. Di Jerman sangat terbuka untuk pelajar bisa bekerja saat liburan maupun sebagai intern, namun dibutuhkan tekad dan manajemen waktu yang baik untuk bisa berhasil dalam studi dan pekerjaan," kenangnya.

Ketika wabah COVID 19 menghantam dunia, Mark sedang mengerjakan skripsi dan intern di perusahaan startup smarthome system di Jerman. Kondisi ayah Mark semakin memburuk, sampai serangan stroke yang ke empat dan akhirnya dipanggil Tuhan.

Namun Mark tidak menyerah, dan justru berjuang sampai akhirnya ia memperoleh beasiswa dari DAAD Stipendium.

“Itu masa tersulit buat saya untuk tetap tinggal di Jerman ketika masa COVID, padahal papi saya dipanggil oleh Tuhan dan saya tidak bisa pulang. Tapi saya jadikan itu motivasi untuk bekerja lebih keras, dan saya mengajukan beasiswa ke DAAD Stipendium dan akhirnya mereka menerima beasiswa saya,"tutur Mark.

Memulai Perusahaan dengan Modal Tabungan di Jerman

Saat pulang ke Indonesia, saya mengajak teman SMA, Rangga Rakaspati sebagai co-founder perusahaan PT. Yanson Properti Sejahtera. Kami berdua hanya bermodalkan tabungan dari kerja selama masa kuliah berniat membuat perusahaan kecil yang merenovasi rumah sederhana di kota Surakarta, tempat asli ibu saya.

Tidak disangka, dalam perjalanannya, kami dipertemukan dengan pemilik lahan yang tidak bisa mengelola lahannya.

“Saya melihat ini sebagai kesempatan emas, banyak orang Indonesia membeli tanah ketika memiliki uang untuk memperbanyak aset mereka. Namun mereka tidak bisa mengelola tanah tersebut bertahun-tahun dan terlalu besar untuk dijual sebagai rumah tinggal. Saya datang untuk mengelola aset tersebut sehingga bisa ter likuidasi dan bahkan memperoleh keuntungan yang lebih besar”.

Kesempatan emas muncul ketika ada lahan dengan luas 7,8 hektar dengan total hampir 500 unit dikelola untuk perumahan tapi belum maksimal bernama Woodville Residence, Sidoarjo, sehingga pemilik lahan mempercayakannya kepada PT. Yanson Properti Sejahtera.

“Saya selalu menyukai tantangan, seperti halnya ke Jerman, saya tidak memiliki kepastian apa pun bagaimana bisa lulus di sana tapi saya jalani dengan fokus sampai berhasil. Begitu pula dalam tantangan pengolahan proyek ini, saya yakin ketika saya fokus, saya bisa berhasil".

Perjuangan Mengubah Citra Woodville Menjadi Perumahan yang Bonafit di Sidoarjo

Dari legalitas proyek, branding, konsep, pembangunan sampai penjualan semua dikerjakan oleh Mark dan tim sehingga dari proyek yang belum memiliki legalitas sampai bisa jualan dan serah terima kepada client.

“Ketika saya masuk semuanya belum ada, tanah masih SK Gub, sama seperti petok, perijinan masih proses. Satu persatu yang menjadi catatan kita selesaikan, sampai akhirnya kita bisa dipercaya untuk bekerja sama dengan Bank Mandiri, OCBC NISP, BTN dan BNI, dan untuk penjualan kami sudah berpartner dengan DB REI, Brighton dan Raywhite.”ucapnya.

Motivasi untuk Generasi Muda Indonesia

Kisah Inspiratif Mark ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya tekad, komitmen dan fokus dalam menghadapi apa pun tantangan untuk meraih impian. Mimpilah setinggi langit, kejarlah Pendidikan yang terbaik, dan jangan lupa pulang untuk membangun Indonesia. Kita semua wajib memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar dalam apa pun yang kita kerjakan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image