Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Long Distance Relationship (LDR), Mengapa Sulit?

Curhat | Sunday, 08 Oct 2023, 19:02 WIB

Long Distance Relationship (LDR) atau biasa disebut hubungan jarak jauh merupakan hubungan yang dilakukan antara kedua belah pihak secara virtual. Hubungan ini dijauhkan oleh jarak, kontak fisik, berkomunikasi dan bertemu. Hal ini disebabkan kedua belah pihak berbeda kota atau negara. Hubungan jarak jauh ini akan memakan waktu yang sangat lama karena keduanya saling mempunyai kesibukan dengan kegiatannya masing-masing.

Tujuan LDR

Tujuan dari hubungan jarak jauh ini bisa membuat seseorang lebih menghargai waktu, sabar dalam menghadapi suatu masalah atau bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, meningkatkan rasa kepercayaan terhadap seseorang yang disayangi. Dengan seiring berjalannya waktu, hubungan ini juga dapat membuat seseorang bisa mengontrol emosinya sendiri dan berpikir lebih dalam untuk masa depan.

5 Kelemahan hubungan jarak jauh (LDR)

1. Jarang bertemu

Kalian pasti sudah pada mengetahui salah satu risiko terjalinnya hubungan jarak jauh bukan? Ya benar, salah satunya jarang bertemu. Mengapa bisa begitu? Karena hubungan ini memiliki jarak yang jauh dan kesibukan kedua belah pihak sehingga terhambatnya pertemuan tersebut.

2. Pudarnya kepercayaan

Hubungan jarak jauh cenderung menimbulkan rasa tidak percaya kepada pasangan karena pasangan yang tidak jujur. Maka dari itu kepercayaan harus diberikan 100% karena memberikan rasa percaya terhadap pasangan sangat penting untuk suatu hubungan.

3. Merasa kesepian/ Feeling Lonely

Tidak heran lagi bagi pasangan ini untuk tidak merasa kesepian. Buktinya saat dekatpun masih merasakan feeling lonely, contohnya ditinggal main game berjam-jam itu akan membuat para pasangan merasa sendiri, tidak punya teman untuk mengobrol. Pasangan LDR akan selalu dibuat kesepian dengan berbagai macam kegiatan pasangannya, maka dari itu perlu yang namanya kesabaran atas adanya waktu luang mereka.

4. Timbul kesalahpahaman

Dimulai dari permasalahan kecil, rasa curiga ke pasangan akan selalu menghantui. Bagaimana tidak? Pasangan yang kita sayang sudah tidak lagi bersama kita, tidak bisa setiap hari bertemu, dan selalu memikirkan pasangan kita sedang melakukan kegiatan apa. Pasti salah satu dari kalian sering berpikir yang tidak-tidak tentang pasangan, maka dari itu pasangan harus saling terbuka agar lebih jelas di setiap permasalahan yang terjadi.

5. Perlu biaya yang tidak terjangkau untuk bertemu

Hubungan jarak jauh? Namanya saja ada kata “jauh” yang dimana kejauhan itu perlu biaya yang tidak sedikit. Misalnya mau ketemuan, si cowok ingin bertemu si cewe dengan naik pesawat. Harga tiket pesawat, beli makanan, ongkos untuk gojek (misal), bawa hadiah, dll. Itu semua perlu biaya yang tidak sedikit, kalau setiap pasangan ingin bertemu sebulan sekali saja itu sudah sangat boros.

6. Kurangnya komunikasi

Didalam sebuah hubungan, komunikasi sangat penting untuk dilakukan karena dengan berkomunikasi kita dapat meluapkan isi hati pribadi masing-masing. Komunikasi bukan hal yang mudah dilakukan bagi para pasangan, belum tentu apa yang kita komunikasikan terhadap pasangan bisa dimengerti dan dipahami oleh mereka.

Cara merawat hubungan LDR tetap awet

1. Komunikasi lancar

Hubungan akan selalu berjalan kalau komunikasinya lancar. Komunikasi itu sangat penting, walaupun lagi berantem kalian harus tetap memberi kabar kalau semisal kalian mau keluar ada kegiatan.

2. Saling percaya

Dalam hubungan rasa percaya harus diberikan terhadap pasangan. Karena dengan memberikan kepercayaan tersebut, pasangan akan mempunyai rasa kesadaran bahwa pasangannya sudah memberikan rasa kepercayaannya jadi tidak boleh merusak kepercayaan tersebut.

3. Tidak ada yang disembunyikan

Siapasih yang menjalanin hubungan tetapi ngumpet-ngumpet? Hubungan itu seharusnya saling terbuka, ceritakan semua kehidupan kalian masing-masing supaya mereka mengerti apa yang kalian alamin. Hubungan itu dijadikan sebagai rumah, rumah untuk cerita, rumah untuk pulang kalau dunia lagi tidak baik-baik saja.

4. Menjaga komitmen

Ini salah satu hal yang sangat penting didalam sebuah hubungan. Komitmen merupakan suatu ikatan dalam hubungan yang akan membuat hubungan itu spesial. Ada sebuah hubungan yang berkomitmen “aku punya kamu, kamu punya aku.” Komitmen ini yang akan selalu bertahan dan tidak bisa untuk dilanggar oleh sepasang kekasih. Dengan adanya komitmen ini, kalian akan selalu mengingat bahwa kalau kalian sudah mempunyai pasangan dan tidak ada kesan tertarik lagi pada lawan jenis.

5. Dewasa dalam menghadapi masalah

Untuk menghadapi suatu masalah jangan selalu emosional terhadap pasangan. Karena dengan emosi tersebut akan memperkeruh keadaan serta bertambahnya masalah menjadi besar. Kalian bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan kepala dingin, menjelaskan dengan perasaan hati yang lembut. Dengan begitu permasalahan tersebut akan terselesaikan dengan baik tanpa ada keributan yang besar.

6. Sabar

Kunci dari hubungan itu harus sabar dalam menghadapi suatu permasalahan. Mengapa harus sabar? Karena kalau keduanya tidak mempunyai kesabaran, maka didalam hubungan tersebut tidak ada yang mengalah. Kedua pihak dari pasangan ini akan sangat egois, mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan pasangannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image