Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zahwa Rakhshanda Afif

Promosi Melalui Live Shopping Meningkatkan Keputusan Pembelian Suatu Produk

Bisnis | Wednesday, 04 Oct 2023, 17:55 WIB
Ilustrasi live shopping (Dok. Shutterstock/Chay_Tee)

Untuk menunjang kebutuhan hidup, setiap orang memiliki caranya masing masing untuk mendapatkan kehidupannya yang layak. Salah satu caranya adalah dengan bekerja. Di Indonesia sudah banyak profesi yang dilakoni oleh masyarakat, seperti bekerja kantoran, menjadi seorang jurnalis, reporter, wartawan, petani, dan profesi yang hampir semua orang bisa melakukannya adalah berdagang. Manusia sudah mulai berdagang dari awal manusia sudah mengenal harta berharga sebagai alat transaksi jual beli. Berdagang pada umumnya dilakukan oleh dua pihak yaitu pembeli sebagai pihak konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya dan pedagang yaitu orang yang menjual barang atau jasa untuk orang lain.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, manusia di zaman sekarang sudah mengenal yang namanya teknologi digital dan media digital. Dengan adanya media digital sekarang ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih mudah karena perdagangan secara online sudah mulai berkembang. Masyarakat dapat berjualan dan membeli suatu produk secara online bahkan melakukan transaksi pembayaran juga secara online. Dengan adanya jual beli online ini masyarakat sangat dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya, selain itu penjual juga diuntungkan karena dengan adanya jual beli online, toko mereka dapat lebih mudah dilihat oleh calon pembeli.

Pada era digital saat ini, tentunya kita sudah tidak asing dengan platform digital yang disebut e-commerce. E-commerce adalah platform jual beli produk di suatu website secara online yang memiliki tujuan untuk memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan produk. Platform ini juga dapat mengefisiensi waktu belanja serta mempermudah pembeli dalam melakukan transaksi pembelian produk karena tidak perlu datang ke toko secara langsung. Belanja secara online sudah mulai dilakukan oleh masyarakat di Indonesia selama beberapa tahun kebelakang, kegiatan ini sudah sangat digemari oleh masyarakat karena sangat memudahkan dalam berbelanja seperti kebutuhan sehari hari, pakaian, gadget, dll. Menurut We Are Social, sebanyak 178,9 juta masyarakat Indonesia berbelanja online sepanjang 2022 hingga awal 2023. Yang mana angka tersebut naik sebesar 12,8% dari tahun-tahun sebelumnya.

Dari data tersebut, salah satu faktor yang membuat angka transaksi jual beli secara online terus meningkat adalah karena semakin pintar dan cerdas para penjual dalam mempromosikan dan menarik minat pembeli untuk membeli dagangannya. Dalam rangka meningkatkan penjualan, para penjual melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka. Salah satu cara promosi yang populer saat ini adalah live shopping. Live shopping adalah kegiatan dimana penjual melakukan siaran langsung dengan mempromosikan produk jualannya. Layanan live shopping pertama kali diperkenalkan di China pada tahun 2019. Tujuan dari adanya layanan ini adalah untuk membangun komunikasi antara konsumen dan penjual secara langsung dan hidup.

Live shopping tentunya sudah banyak dilakukan para penjual di berbagai aplikasi e-commerce. Salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan orang-orang saat ini adalah TikTok. Aplikasi TikTok menghadirkan layanan live streaming kepada penggunanya. Sejak awal kemunculannya, layanan ini telah menarik perhatian para penggunanya dan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat besar bagi pelaku bisnis. Dengan adanya live shopping di TikTok, para penjual berharap mereka dapat meningkatkan penjualan mereka karena sesuai dengan tujuan dari live shopping itu sendiri yaitu untuk membangun komunikasi secara langsung kepada konsumen dalam mempromosikan produk jualan.

Munculnya promosi melalui live streaming diharapkan dapat membangun kepercayaan pembeli terhadap suatu produk. Dengan live shopping pembeli yang awalnya hanya bisa melihat produk dari foto yang dipajang di e-commerce, saat ini dapat dengan mudah melihat detail suatu produk dan bertanya mengenai suatu produk melalui live streaming. Tentu saja hal tersebut memberikan dampak positif terhadap citra suatu produk karena detail yang disampaikan di live streaming biasanya lebih jelas dan lengkap. Pada event-event tertentu seperti event lebaran kemarin, penjual memberi diskon pada produk yg tertera di live shopping mereka. Hal tersebut pun meningkatkan penjualan mereka berkali-kali lipat.

Ada beberapa aspek yang membuat pembeli tertarik untuk membeli suatu produk pada saat live shopping. Pertama, diskon produk menjadi harga termurah, pembeli sudah pasti tergiur dengan diskon yang besar-besaran karena mereka menganggap diskon seperti itu hanya datang satu kali saja yaitu hanya pada saat live streaming. Kedua, suasana live streaming yang membawakan tema asyik, seringkali penjual menggunakan perabotan-perabotan lucu seperti cosplay karakter tertentu atau background yang unik pada saat mereka live dengan tujuan agar pembeli betah dan tertarik untuk menonton live streaming mereka dan membeli produk jualannya. Ketiga, host yang pembawanya menarik, dalam mempromosikan produk, host live perlu aktif dalam menjelaskan produk secara detail dan jelas dalam penyampaian suatu produknya, dengan begitu pembeli pun merasa puas terhadap penjelasannya.

Itu adalah beberapa aspek yang bisa dipertimbangkan dalam melakukan promosi produk melalui live shopping. Dengan begitu, live shopping dapat meningkatkan keputusan pembeli untuk membeli suatu produk tertentu. Bentuk promosi dengan live streaming dianggap efektif sehingga dapat menciptakan suasana belanja dimana pembeli dapat berkomunikasi dengan penjual secara langsung untuk menanyakan detail suatu produk. Selain itu live shopping dapat membangun kepercayaan pembeli terhadap penjual.

Salah satu host live TikTok yang terkenal dan membuktikan keberhasilan promosi dari live shopping adalah Mami Louisse. Louisse Scarlett atau akrab dengan panggilan Mami Louisse memecahkan rekor pada saat live shopping yaitu meraih penjualan sebesar Rp 15 miliar hanya dalam waktu 18 jam. Live shopping tersebut menampilkan berbagai produk kecantikan terbaik tahun ini. Hal tersebut adalah pembuktian dari berhasilnya promosi produk melalui Live Shopping. Pembeli tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan Mami Louisse karena diskon yang didapatkan pada saat live shopping berbeda jauh dengan harga aslinya. Hal ini dikarenakan Mami Louisse bekerja sama dengan brand-brand tertentu untuk memberikan diskon promosi hanya pada saat live shopping di akun miliknya.

Dengan semakin majunya teknologi, platform e-commerce semakin memantapkan komitmen berkelanjutan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menghibur, aman, dan nyaman bagi para penjual dan pembeli. Selain itu brand dan UMKM dapat memajukan bisnisnya dengan memanfaatkan berbagai promosi melalui layanan-layanan yang tersedia sehingga dapat digemari masyarakat dan meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image