Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tribun Informasi

Kisah Anak Penjual Kangkung Raih Emas Dalam Ajang Inovasi Dunia

Info Terkini | Tuesday, 03 Oct 2023, 14:20 WIB

Mahasiswa S-1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Tito Wira Eka Suryawijaya, atau yang akrab disapa Toti, bukanlah nama yang asing lagi bagi masyarakat Kediri. Baru-baru ini prestasinya ditorehkan kembali setelah berhasil meraih Gold Medal di Nations Cup VI Belgrade Young Innovators 2023. Mungkin terlihat seperti mahasiswa biasa. Namun, dibalik rutinitasnya sebagai mahasiswa, dia memiliki cerita inspiratif yang patut diungkapkan.

Sosok Tito Wira Eka Suryawijaya mengikuti salahsatu kegiatan conference (Dokumen Istimewa)

Terlahir di keluarga sederhana membuatnya tidak pernah menyerah untuk meraih mimpinya. Seorang anak pedagang kangkung ini berhasil mengusulkan inovasi "Portable Weather Station," sebuah konsep revolusioner yang mengubah bentuk stasiun cuaca menjadi alat yang portable dan lebih efisien. Ide brilian ini memenangkan hati juri di Belgrade Young Innovators 2023 dan mengantarkannya meraih medali emas.

Meskipun situasi dan kondisi menghalangi kehadirannya di Serbia secara fisik, panitia acara memberikan kesempatan kepada Toti untuk menjelaskan inovasinya secara daring. Sebuah bentuk apresiasi kepada kreativitas dan semangatnya dalam menghadirkan perubahan positif di bidang riset.

Penghargaan Gold Medal Nations Cup VI Belgrade Young Innovators 2023

Ketua Komite Penyelenggara Nations Cup VI, Djuro Borak menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Toti sebagai inovator muda dari Indonesia yang memiliki semangat luar biasa dalam dunia riset. Harapannya, Toti dapat melanjutkan karir akademiknya untuk mendukung inovasi riset, baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

Universitas Dian Nuswantoro dan Kota Kediri patut berbangga memiliki mahasiswa berprestasi seperti Toti. Prestasinya bukan hanya dalam bidang akademik, tetapi ia juga menekuni dunia penelitian. Saat ini, ia telah berhasil menerbitkan lima artikel ilmiah yang merupakan wujud kecintaannya pada riset.

Toti Wira Eka Suryawijaya adalah contoh nyata bahwa prestasi bisa diraih oleh siapa saja, tanpa memandang latar belakang. Dengan semangat pantang menyerah dan dedikasi pada riset, dia telah membawa nama baik Indonesia ke panggung internasional. Semoga prestasinya dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk berani bermimpi dan berusaha meraih prestasi setinggi langit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image