O, Ternyata Asteroid Tidak Memusnahkan Dinosaurus

Info Terkini | Tuesday, 03 Oct 2023, 08:46 WIB
Dinosaurus (SSDarindo/Metro)

Nike versus Adidas. McDonald's versus Burger King. Asteroid versus gunung berapi. Tiga persaingan besar di zaman kita.

Salah satu dari ketiganya mungkin kurang dikenal, tapi perdebatan tentang apa yang membunuh Dinosaurus juga tak kalah sengitnya. Apakah Asteroid besar yang menghantam Meksiko, atau aktivitas gunung berapi selama ratusan ribu tahun yang mengacaukan iklim?

Baru-baru ini, Asteroid Chicxulub yang terkenal tampaknya memiliki keunggulan - bahkan digambarkan dalam jurnal Nature sebagai 'hampir pasti penyebab utama kepunahan massal Kapur-Palaeogene'.

Dilansir dari laman Metro, pada zaman akhir Dinosaurus darat dan laut, Bumi merupakan tempat yang aktif secara geologis, tak terkecuali di sekitar Perangkap Deccan. Sebuah dataran tinggi yang sangat besar dan terjal di India Barat, lapisan lava setebal 1,2 mil terbentuk selama ratusan ribu tahun sekitar 66 juta tahun yang lalu - tepat pada saat Dinosaurus menghilang

Aktivitas vulkanik yang berkepanjangan seperti itu akan melontarkan sejumlah besar karbon dioksida dan sulfur ke atmosfer. Kondisi ini memengaruhi iklim lokal dan global. Namun, tidak dapat disangkal, pada waktu yang sama, sebuah Asteroid selebar setidaknya enam mil juga menghantam Telinga.

Tabrakan tersebut tidak hanya membawa kehancuran di daerah sekitarnya, termasuk Tsunami, kebakaran hutan, dan hujan asam, tapi dengan melontarkan gigaton puing-puing ke atmosfer.Namun, akan menyebabkan perubahan iklim yang signifikan.

"Dari catatan batuan, kita tahu tanpa keraguan bahwa sebuah meteor menghantam Bumi pada akhir periode Kapur, dan kita tahu ada letusan gunung berapi yang sangat besar yang terjadi," kata Dr Susannah Maidment, peneliti utama di Natural History Museum.

"Kita juga tahu bahwa ada kepunahan massal yang terjadi bersamaan dengan kedua peristiwa ini - 65% spesies di Bumi, termasuk Dinosaurus non-unggas, punah. Dia menambahkan: 'Namun, jauh lebih sulit untuk menentukan mekanisme pembunuhan (Kredit: PA)

Selanjutnya dia menyatakan, bertepatan dengan hantaman meteor, kita bisa melihat bukti Tsunami besar dan kebakaran hutan yang sangat luas di wilayah yang sangat luas dari endapan yang mereka tinggalkan di bebatuan. Hal ini tidak diragukan lagi akan membunuh sejumlah besar hewan dan tumbuhan yang hidup di daratan.

Ada pula bukti, seperti tempat bersarangnya Dinosaurus yang tertimbun endapan lava, bahwa Dinosaurus hidup dan berkembang biak di daerah tempat letusan gunung berapi terjadi. Sekarang, sebuah tim dari Dartmouth telah menggunakan pembelajaran Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan - untuk mencoba menentukan mana yang lebih mungkin menjadi penyebab kematian Dinosaurus. Apa kata AI? Gunung berapilah yang menyebabkannya.

Program ini menganalisis konsentrasi karbon di atmosfer dan suhu laut dari cangkang kerang purba, yang memberikan gambaran tentang dunia pada saat makhluk-makhluk di dalamnya mati dan tenggelam ke dasar laut. Dengan kata lain, sejumlah besar karbon dioksida yang disemburkan dari dalam Bumi akan menghangatkan planet ini. Namun, hal ini diimbangi oleh pelepasan sulfur dalam jumlah besar, yang mendinginkan planet ini dengan cara menghalangi Matahari.

Efek jungkat-jungkit dari pemanasan yang relatif cepat diikuti dengan pendinginan ini berarti spesies tidak dapat beradaptasi dengan cukup cepat, dan pada akhirnya punah. ***