Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anjani Anggidita

Serunya Pembelajaran AUD Menggunakan Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

Edukasi | Monday, 02 Oct 2023, 13:07 WIB
Foto kegiatan di RA Al -Utsmaniyah (Sumber: Dok. Pribadi)

Kelompok mahasiswa STIT Rakeyan Santang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RW. 01 desa Sumurgede Kec. Cilamaya Kulon Karawang dengan salah satu program kerja yaitu melakukan inovasi dalam pembelajaran Anak Usia Dini dengan media berbasis ICT (Information and Comunication Technology) yang bertempat di RA Al-utsmaniyah.

Pembelajaran anak usia dini adalah pembelajaran yang berorientasi pada anak yang disesuaikan tingkat usianya dengan pengembangan kurikulum yang berupa seperangkat rencana berisi pengalaman belajar melalui bermain yang dipersiapkan oleh pendidik dalam menyiapkan materi dan proses belajar. Penyampaian materi pembelajaran dapat didukung oleh sebuah media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa untuk belajar. Ketepatan dalam memilih media dapat mempengaruhi efektifitas proses belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media berbasis ICT.

Menurut Darmawan, Media pembelajaran berbasis ICT (Information and Comunication Technology) atau biasa disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah segala sesuatu yang merupakan teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengolahan, pengumpulan, penyimpanan dan penyajian informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah semua yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan mentransfer dari perangkat ke lainnya (Sutopo, 2012; 23). Dari uraian diatas dapat diartikan bahwa media pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan untuk mengolah, menyimpan dan mentransfer data atau informasi dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya. Media pembelajaran berbasis ICT yang kami gunakan di RA Alutsmaniyah RW.01 Desa Sumurgede berbentuk video edukasi yang berisi video, animasi, gambar bergerak, beserta teks.

Pembelajaran dengan media berbasis ICT di RA Alutsmaniyah dilaksanakan pada hari selasa tanggal 29 Agustus 2023. Tema yang kami usung dalam pembelajaran adalah tema alam semesta, sub tema benda-benda langit, sub-sub tema nama-nama planet. Dimana pada hari itu kami didampingi oleh guru kelompok B.

Pelaksanaan pembelajaran kami awali dengan bermain di lingkaran atau yang biasa disebut circle time, setelah bermain di lingkaran kami mengajak siswa untuk membaca doa bersama. Sebelum mempertontonkan video edukasi kami menyampaikan beberapa materi tentang benda-benda langit, menunjukkan gambar planet dengan media gambar, dan melakukan tanya-jawab dengan siswa seputar benda-benda langit dan planet.

Siswa dan siswi RA Al-utsmaniyah menunjukkan antusias yang sangat tinggi saat kami akan mempertontonkan video edukasi. Beberapa pertanyaan mereka lontarkan pada saat kami mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan, seperti sound system, laptop, layar dan infocus, “Ibu guru sekarang kita mau apa bu?”,”Ibu kita mau nonton film ya?”, “Ibu kita seperti sedang di bioskop ya bu.” Ucap mereka dengan rasa ingin tahunya. Saat proses menonton berlangsung terlihat siswa sangat memperhatikan video edukasi tersebut dari awal sampai akhir. Meskipun ada dua orang siswa yang berebut ingin duduk didepan, sehingga menghalangi infocus. Tetapi hal tersebut tidak membuat siswa yang lain kehilangan fokus untuk menonton. Di akhir video kami menyisipkan sebuah lagu keluar angkasa dari kartun riko membuat para siswa dan siswi RA Al-utsmaniyah semakin gembira dan ikut bernyanyi bersama.

Berdasarkan pengalaman kami saat melakukan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis ICT di RA Al-utsmaniyah, dapat diketahui bahwa banyak sekali kelebihan media berbasis ICT dan adapula kekurangannya. Kelebihan pembelajaran menggunakan media berbasis ICT adalah 1). Membuat kelas menjadi interaktif 2). Menjadi lebih menyenangkan 3). Mudah dipahami oleh siswa 4). Membangkitkan motivasi belajar siswa 5). Siswa mendapatkan pengalaman yang konkret 6). Memudahkan guru untuk menyampaikan instruksi atau pembelajaran. Kekurangan pembelajaran menggunakan media berbasis ICT adalah 1). Hanya efektif jika dilakukan dalam kelompok kecil 2). Masih banyak guru yang belum melek teknologi sehingga tidak dapat merancang dan mengakses media pembelajaran berbasis ICT.

Semoga dengan adanya program kerja ini dapat memotivasi guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

Penulis: Kelompok KKN RW.01 desa Sumurgede

DPL: Bpk H. Ade Ismail Fahmi, S.Ag, M.Pd

Anggota Kelompok; Anjani Anggidita (B23620B1006), Darniti (B23620B1025), Siti Hardianti (B23620B1007), Siti Nurkholifah (A23220B1026)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image