Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Joko Susanto

Kajian Ringan Penyejuk Iman Tentang Banyak Jalan Kebaikan

Agama | Sunday, 01 Oct 2023, 05:37 WIB

Nikmat dari Allah SWT yang kita terima berupa 'dapat bangun tidur' merupakan kenikmatan yang tidak dapat disepelekan, tidak dapat dianggap enteng. Ketika kita dapat bangun dari dari tidur dengan normal maka kita dapat beribadah, dapat sujud, dapat membaca Alquran dan sebagainya.

Musholla Al-Ikhas Griya Kebon Agung Sukodono Sidoarjo mempunyai cara tersendiri untuk merawat semangat berilmu bagi jamaahnya. Caranya yaitu dengan mengadakan Kajian Ringan Penyejuk Iman. Acara dilaksanakan setiap Ahad bakda sholat subuh. Disediakan kopi dan makanan ringan. Kali ini 1 Oktober 2023 diisi oleh ustadz Zaenal Arifin dengan tema surat

Al-ankabut (29) ayat 69. Artinya :

Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik."

Sebagian suasana pengajian Mukhlas

Ada beberapa poin penting dari ayat tersebut.

Pertama: kesungguhan (jaahadu), buktinya ada kita usaha menuju ke sana. Misalnya, kalau mau ikut pengajian perlu bersiap dan berniat kuat agar maksimal dengan cara persiapan dan optimal dalam proses kebaikan itu.

Kedua: dalam urusan kami (fiina), urusan-urusan kebaikan, jalan-jalan kami. Ini ragamnya banyak seperti mendidik anak, bergaul dengan istri, berdagang dan sebagainya.

Ketiga, banyak jalan atau solusi (jalan-jalan), subulanaa. Allah SWT akan memberikan banyak jalan atau solusi atas suatu peristiwa. Kadang-kadang pengalamannya bisa jadi tidak sesuai dengan rencana yang kita inginkan. Pada akhirnya, kita menyadari ternyata itulah jalan terbaik yang diberikan Allah SWT. Awalnya mungkin agak kurang menyadari namun akhirnya menyadari betapa baiknya solusi yang diberikan Sang Maha Pencipta. Hikmah muncul di belakang suatu peristiwa, maka harus berbaik sangka kepada Allah SWT.

Keempat, berbuat lebih baik (ahsan). Di atas standar rata-rata. Tidak hanya baik tetapi lebih baik. Berjihadnya, bersungguh-sungguhnya dilakukan dengan lebih baik. Jaminan Allah SWT akan bersama orang-orang yang berbuat baik. Semoga kita dapat bersungguh-sungguh di jalan-Nya dengan berbagai macam kebaikan, kalau bisa dilakukan dengan aksi di atas rata-rata. Aamiiin. (Kebon Agung, 1 Oktober 2023)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image