Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vanesa Putri

Melangkah Menuju Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal Malang: Workshop Produk ETNOCHEM di SMA Negeri

Bisnis | Saturday, 30 Sep 2023, 17:02 WIB

Pada hari Kamis, tanggal 31 Agustus 2023, dilaksanakan kegiatan promosi produk ETNOCHEM di SMAN 1 Bululawang, Kabupaten Malang. ETNOCHEM adalah sebuah kit edukasi pembelajaran kimia yang fokus pada materi asam basa dengan mengusung konsep Kearifan Lokal Malang, khususnya Batik Malangan, serta menerapkan Pendekatan STEAM-2C (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics - Communication and Collaboration). Produk ini dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang terdiri dari Tsalis Jauza Nareswari (Pendidikan Kimia/2020), Vanesa Kusuma Putri (Pendidikan Kimia/2020), Nurul Laili (Desain Komunikasi Visual/2021), M.Syiham Al-Faruq (Pendidikan Teknik Informatika/2021), dan Lutfia Anggraini (Pendidikan Akutansi/2021) dibawah bimbingan Bapak Nur Candra Eka Setiawan, S.Si., S.Pd., M.Pd untuk kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan promosi ini merupakan upaya dari ETNOCHEM untuk memperkenalkan produknya kepada para siswa dan guru di SMAN 1 Bululawang. Produk berisi seperangkat alat membatik, card member, buku panduan membatik dan Bahan pewarna alami yang reaksi didalamnya dapat dilihat menggunakan teknologi AR yang dapat dilihat di aplikasi pendukung. Kit edukasi kimia ini menerapkan pembelajaran project pembuatan batik dari bahan pewarna alami yang telah dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar kimia, khususnya dalam materi asam basa, sambil menghargai dan mempromosikan warisan budaya lokal Malang, yaitu Batik Malangan. Misalnya, Pada saaat pewarnaan motif batik Malangan menggunakan pewarna alami indigovera akan memunculkan warnanya apabila dilarutkan dengan NaOH dan garam diazonium untuk memberikan suasana basa, hal ini dapat dijelaskan lebih lanjut melalui teori Bronsted Lowry yang merupakan salah satu teori dari asam basa.

Workshop Produk Etnochem di SMAN 1 Bululawang merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana pendidikan dapat diintegrasikan dengan pelestarian budaya dan lingkungan. Semoga acara ini menjadi awal dari perubahan positif dalam masyarakat dan mendorong siswa untuk menjadi agen perubahan yang peduli akan lingkungan dan budaya mereka.

Untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan produk, silahkan mengunjungi:

Instagram: etnochem.pkmk

Website: etnochem.netlify.app/

Shopee, Tokopedia: ETNOCHEM

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image