Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lutfia Diva Rahmawati

Trik Ajaib Mahasiswa Jurusan Administrasi Mengajar di SDN Balongbendo

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 27 Sep 2023, 13:59 WIB
Sumber: Dokumentasi pribadi

Halo Sobat Merdeka!

Pendidikan adalah kunci untuk mengubah masa depan, dan ketika mahasiswa dari jurusan Administrasi Publik bergabung dengan program Kampus Mengajar di SDN Balongbendo, siapa yang tahu apa yang akan terjadi? Inilah kisah luar biasa tentang bagaimana kolaborasi antar-mahasiswa dan sekolah mampu menciptakan perubahan ajaib dalam dunia pendidikan.

Bagi seorang mahasiswa Administrasi Publik, mendekatkan diri ke dunia pendidikan mungkin bukan langkah yang lazim. Namun, SDN Balongbendo menawarkan peluang unik. Mengapa Balongbendo? Karena setiap perubahan besar dimulai dari tempat yang kecil.

Program KM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan dirinya melalui kegiatan diluar perkuliahan serta menjadi mitra guru dan sekolah dalam proses pengembangan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Program Kampus Mengajar (KM) merupakan perpaduan dari berbagai jurusan, dan itulah yang membuatnya begitu istimewa. Mahasiswa Administrasi Publik bekerja bersama dengan rekan-rekannya dari jurusan yang berbeda untuk merancang "trik ajaib" dalam dunia pendidikan.

Penguatan Literasi: Menjadikan Membaca Sebagai Kebiasaan

Salah satu hal yang diutamakan dalam program ini adalah literasi. Bagaimana mereka melakukannya? Dengan membuat membaca bukan hanya menjadi kewajiban, tetapi juga hobi yang menyenangkan. Para siswa di SDN Balongbendo kini telah terbiasa membaca buku cerita di pojok baca sebelum pembelajaran dimulai.

Penguatan Numerasi: Melalui Turnamen Permainan Tim

Apakah Anda pernah membayangkan belajar matematika dengan cara yang menyenangkan? Program KM membawa perubahan itu dengan metode Teams Games Tournament (TGT). Siswa dikelompokkan dan bermain dalam turnamen matematika serta materi umum yang bertujuan untuk merangsang rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, dan kerja sama dalam diri siswa.

Teknologi untuk Pembelajaran yang Menarik

Dalam era teknologi, penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media dalam menghidupkan pembelajaran. Ini merupakan "trik ajaib" yang mengubah pembelajaran matematika dan pembelajaran lainnya menjadi petualangan yang tak terlupakan.

Pembelajaran di Luar Kelas: Dunia Baru Menanti

SDN Balongbendo memiliki lapangan dan perpustakaan yang menakjubkan, yang digunakan untuk mengajar di luar kelas. Ini membuka pandangan siswa ke dunia baru yang penuh pelajaran.

Hasil Luar Biasa!

Apa hasilnya? Siswa di SDN Balongbendo menjadi lebih bersemangat untuk belajar. Mereka merasa lebih percaya diri dalam kemampuan akademik dan mengembangkan keterampilan sosial yang berharga. Hasil ini adalah bukti nyata bahwa "trik ajaib" mahasiswa Administrasi Publik telah berhasil.

Program KM di SDN Balongbendo adalah contoh yang menginspirasi tentang bagaimana kolaborasi antar-mahasiswa dan sekolah dapat menghasilkan dampak yang luar biasa dalam dunia pendidikan. Inilah bukti bahwa setiap usaha, tidak peduli seberapa kecil, dapat membawa perubahan besar dalam masa depan pendidikan Indonesia. Jadi, penasaran apa lagi? Mari kita terus mendukung upaya-upaya ajaib ini dan bersama-sama menciptakan dunia pendidikan yang lebih baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image