Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Teti Ernawati

Pembelajaran Menarik dengan Sains Magic

Sekolah | Saturday, 23 Sep 2023, 21:27 WIB
Kegiatan Pembelajaran Menyenangkan dengan eksperimen sains sederhana (Dok. Pribadi)

Mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang Karawang kelompok 4 melakukan beberapa program pengajaran pada siswa-siswi di SDN Tegalurung 1 kecamatan Cilamaya Kulon.

Program pembelajaran yang menyenangkan salah satunya adalah dengan belajar menyenangkan dengan ekperimen sains sederhana atau sains magic. Kegiatan pembelajaran dengan eksperimen sains ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa siswi, meningkatkan kreativitas, dan memudahkan pemahaman pembelajaran sains siswa siswi kelas 1 sampai kelas 6. Setiap harinya anak-anak sudah jenuh dengan pembelajaran yang serius di dalam kelas. Oleh karena itu kami mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang Karawang mencoba membuat suatu pembelajaran yang jarang sekali dilakukan di sekolah dasar, pembelajaran yang edukatif namun menyenangkan untuk diikuti oleh siswa-siswi di kelas.

Minat belajar siswa-siswi akan lebih tinggi jika menggunakan metode media pembelajaran yang dirasa kegiatan belajar akan lebih menyenangkan dan lebih menarik juga akan lebih seru jika siswa-siswi belajar bereksperimen.

Program pembelajaran eksperimen sains dilaksanakan dalam rangka program kerja mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang Karawang Kelompok 4 di Desa Tegalurung Tahun 2023. Sebelumnya kami selaku mahasiswa KKN sudah berkenalan dan memina izin kepada pihak sekolah SDN Tegalurung 1 untuk melakukan pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil diskusi bersama kepala sekolah dan pihak guru telah disepakati bahwa pembelajaran ekperimen sains akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2023 yang akan dipraktekkan pada siswa-siswi kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan mengambil banyak tema eksperimen yang berbeda di setiap kelasnya.

Kegiatan diawali dengan materi yang akan disampaikan dan setelah itu menyiapkan bahan bahan yang akan dijadikan eksperimen sains sederhana. Pembelajaran dengan eksperimen sains sederhana ini dimulai dari kelas 1 dengan eksperimen sains mencampur warna, di kelas 2 pembelajaran eksperimen sains dengan membuat susu pelangi, dikelas 3 dengan ekperimen sains membuat hujan pelangi, di kelas 4 eksperimen sains membuat balon mengembang tanpa ditiup, kelas 5 eksperimen sains lilin penghisap air dan yang terakhir kelas 6 dengan membuat eksperimens sains simulasi gunung Meletus.

Dalam kegiatan tersebut anak anak sangat antusias mengikuti eksperimen sains yang dilakukan karena pembelajaran dengan eksperimen sains ini baru pertama kali mereka pelajari. Pembelajaran dengan eksperimen sains ini diharapkan bias menambah minat anak terhadap terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Kegiatan diakhiri dengan Mahasiswa KKN memberikan kuis seputar eksperimen sains yang telah dilakuan dan memberikan reward kepada siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.Ke

Kegiatan sains magic yang di praktekan dari kelas 1 sampai Kelas 6 (Dok. Pribadi)

Penulis : Teti Ernawati (A23220B1013) , Jiana Yuaningrum (A23220B1004) , Yunita (B23620B1024) , Eva Ratih Agustina (B23620B1073)

DPL: Drs. H. Sopandi, M. Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image