Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

SMP Mugadeta Gelar Workshop Robotik

Sekolah | Saturday, 23 Sep 2023, 15:49 WIB
Flyer Kegiatan (Dok. Pribadi)

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) menggelar kegiatan Workshop dan Trial Robotik untuk pelajar SD/MI se-DIY pada Sabtu (23/09). Kegiatan ini merupakan rangkaian Mugadeta Robotic Games (MRG) 2023. Setidaknya 60 pelajar didampingi orangtua dan pendamping terlibat aktif dalam kegiatan ini.

"SMP Mugadeta sebagai sekolah unggul Muhammadiyah telah menorehkan banyak prestasi di bidang teknologi dan robotika. Kegiatan Mugadeta Robotic Games (MRG) merupakan ajang tahunan yang sempat terhenti karena pandemi kembali dihadirkan kembali." Demikian disampaikan Hasanudin, M.Pd., Kepala SMP Mugadeta dalam sambutannya.

Kegiatan diawali dengan pengenalan integrasi Science, Technology, Engineering, Art & Mathematics (STEM), Robotik dan Al Qur'an dalam pembelajaran di SMP Mugadeta bertajuk STREAM-Qu yang disampaikan oleh Ary Gunawan, S.Pd., Waka Kurikulum SMP Mugadeta yang merupakan alumni STEM & Digitalisation Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dan Nanyang Polytechnic International (NYPi) Singapura.

Suasana peserta workshop (Dok. Pribadi)

Antusiasme peserta semakin tinggi saat Trial Robot Trashporter yang akan digunakan dalam MRG 2023 mulai diperkenalkan oleh Isa Azni, S.Pd., Waka Kesiswaan dan Koordinator Ekskul SMP Mugadeta. Robot Trashporter merupakan robot transporter yang didesain untuk memindahkan dan memilah sampah yang dioperasikan secara manual melalui kontrolel jarak jauh.

MRG 2023 didesain sebagai sebuah game edukasi robotik untuk mengenalkan robotik sejak dini. "Gamifikasi dalam perlombaan ini adalah upaya mengenalkan robotik dan pemahaman dini tentang pentingnya pemilahan sampah sejak dini." Mengutip penyampaian Isa Azni.

Suasana Trial Robot (Dok. Pribadi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image