UGM Gelar Workshop Penulisan Rilis Berwawasan SDGs

Info Kampus  
Workshop penulisan rilis berwawan SDGs yang digelar Humas UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan workshop penulisan rilis berwawasan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman pentingnya publikasi SDGs dalam meningkatkan reputasi UGM di kancah global, khususnya dalam pemeringkatan THE Impact Rankings.

Kegiatan yang diselenggarakan Humas dan Protokol UGM ini diharapkan bisa mendorong peningkatan jumlah publikasi kegiatan di Fakultas, Pusat Studi, dan unit-unit kerja di lingkungan UGM yang berwawasan SDGs. Workshop Penulisan Rilis Publikasi Berwawasan SDGs dilaksanakan di Wisma MM UGM, Rabu (13/9/2023).

BACA JUGA : PTN dan PTS Didorong Kolaborasi untuk Hasilkan Publikasi Berkualitas, Ini Alasannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof Wening Udasmoro, SS, MHum, DEA, mengatakan UGM memiliki komitmen menjadi perguruan tinggi yang memproduksi pengetahuan, mewujudkan pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat yang unggul dan inovatif dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat serta bangsa. Hal tersebut telah tertuang dalam rencana strategis (Renstra) UGM 2022-2027.

Wening menyebutkan UGM telah mengimplementasikan program pembangunan berkelanjutan melalui berbagai kegiatan tridharma perguruan tinggi. Bahkan, UGM telah berada di peringkat 50 besar perguruan tinggi terbaik dunia yang berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk SDGs poin 1 yakni tanpa kemiskinan, poin 7 yaitu energi bersih dan terjangkau, serta poin 9 tentang industri, inovasi, dan infrastruktur.

THE Impact Rankings, kata Wening, merupakan lembaga pemeringkatan yang memotret performa perguruan tinggi dalam menjalankan program pembangunan berkelanjutan (SDGs) baik dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tujuan SGDs ini sebenarnya telah diimplementasikan dalam seluruh kegiatan tridharma UGM. Misalnya, kegiatan KKN UGM membantu mengangkat UMKM ini kan bagian dari tujuan SDGS no poverty. Ini semua sudah dilakukan hanya bagaimana menjelaskan ke masyarakat belum dilakukan secara menyeluruh,” kata Wening.

BACA JUGA : Peneliti UGM Presentasikan Penelitian di Lindau Nobel Laureate Meeting 2023

Karena itu, Wening meminta dukungan seluruh sivitas akademika UGM baik di direktorat, fakultas, pusat studi hingga unit kerja di lingkungan UGM untuk mendokumentasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, termasuk pencapaian SDGs.

“Mohon bantuan humas-humas di fakultas, pusat studi, dan unit kerja di UGM untuk mengklaimkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan termasuk SDGs untuk dikemas dalam bentuk berita,”ucapnya.

Wening menambahkan melalui publikasi semua kegiatan tridharma UGM di laman universitas dan media massa berpotensi meningkatkan peringkat UGM dalam pemeringkatan THE Impact Rankings.

BACA JUGA : Dosen UGM Kembangkan Aplikasi SatuJantung untuk Selamatkan Penderita Henti Jantung

Workshop penulisan rilis berwawasan SDGs diikuti tidak kurang dari 100 peserta dari berbagai fakultas, pusat studi, dan unit kerja di UGM. Dalam workshop tersebut peserta mendapatkan pelatihan dalam pembuatan konten rilis berita, pengambilan angle foto dan video berbasis SDGs.

Workshop ini menghadirkan narasumber Kepala Sistem Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas UGM, Prof Dr Indra Wijaya Kusuma, MBA, yang menyampaikan materi tentang Target dan Program Strategis UGM dalam Meningkatkan Reputasi Melalui Tabel Pemeringkatan. Kemudian Koordinator Bidang Reputasi UGM, Ir Sentagi Sesotya Utami, ST, MSc, PhD, memaparkan Penulisan Berita Ilmiah Populer Mendukung Implementasi SDGs di UGM.

Selanjutnya, Kabiro Kompas DIY Jateng, Hari Firdaus menyampaikan tentang Tips dan Kiat Publikasi Berita Layak Muat di Media Massa, Pewarta Foto Kantor Berita Foto ANTARA, Andreas Fitri Atmoko yang menyoroti tentang Teknik Pengambilan Foto Untuk Kehumasan. Koresponden Senior CNN Indonesia, Hendrawan yang memaparkan soal Teknik dan Pengambilan Konten Video Singkat Sesuai Kaidah Jurnalistik, dan Reporter UGM, Gusti Grehenson menjelaskan tentang Teknik Penulisan Artikel Berita dan Memetakan Artikel Berwawasan SDGs. (*)

BACA JUGA : Prof Suyadi Kembangkan NPI sebagai Ilmu Baru Pencegah Korupsi

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image