Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kholida Maula

Kesetaraan Tanpa Batas: Membahas YPAB, Sekolah Gratis bagi Semua

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 12 Sep 2023, 23:37 WIB
Pelaksanaan Upacara Bendera sebagai peringatan HUT RI ke-78 di halaman Rumah Belajar PKBM YPAB

Indonesia hingga saat ini masih menghadapi permasalahan di bidang pendidikan. Akses pendidikan yang belum merata, kurangnya tenaga pendidik, dan sarana prasarana yang kurang memadai menjadi contoh permasalahan yang ada. Keterbatasan akses pendidikan ini mempengaruhi terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Sementara itu, saat ini banyak generasi muda yang terampil dan berprestasi, memiliki minat tinggi di bidang pendidikan, namun kesulitan menemukan wadah untuk menyalurkan minat mengajar mereka. Idealisme dan keinginan besar untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan Indonesia haruslah dituangkan dalam suatu media, yang sekiranya dapat menjembatani antara kebutuhan ilmu dan ketersediaan pengetahuan.

Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) merupakan sebuah organisasi non-profit yang menyelenggarakan pendidikan nonformal, yang dapat diakses oleh masyarakat luas yang terhambat keleluasaan finansial. YPAB menyediakan pendidikan kesetaraan melalui sebuah PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), program Paket B (Setara SMP), dan Paket C (Setara SMA) sejak 10 September 2012.

Program PKBM YPAB ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat putus sekolah di berbagai jenjang tanpa dikenakan biaya pendidikan apapun, alias gratis. Program ini menjadi wadah bagi masyarakat putus sekolah dari berbagai latarbelakang (agama, usia, profesi, ras, suku, jenis kelamin, dan sebagainya) untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan dapat berdaya saing dengan pendidikan formal sekalipun. PKBM YPAB juga menjadi wadah untuk mempertemukan keinginan professional muda untuk menjadi relawan dan membagikan ilmunya melalui mengajar secara langsung.

Visi Misi

PKBM YPAB dibentuk dengan visi untuk menjadi lembaga pendidikan berkualitas bagi masyarakat putus sekolah prasejahtera dan/atau terpinggirkan di Indonesia tanpa memandang latar belakang status, agama, suku/ras, umur, yang dapat mengahsilkan manusia yang berintegritas, berkualitas, bertakwa, humanis, dan berkarakter untuk dapat menjadi pemimpin masa depan.

Sedangkan misi PKBM YPAB sendiri yaitu menyediakan layanan pendidikan kesetaraan terjangkau, menciptakan indiidu mandiri, dan berkontribusi, mendukung keragaman, dan menjadi inspirasi positif untuk lembaga pendidikan lainnya di Indonesia.

Program Pendidikan

Program pendidikan yang ditawarkan di YPAB diantaranya:

-Pendidikan kesetaraan

Ditujukan untuk seluruh masyarakat putus sekolah yang memiliki keterbatasan biaya dan/atau terpinggirkan yang memiliki opsi terbatas untuk kembali menempuh pendidikan dasar/ menengah. Pada akhir masa pembelajarannya peserta yang telah mengikuti kegiatan belajar dan evaluasi berkala akan mengikuti Ujian Nasional Paket Kesetaraan yang diadakan pemerintah.

-Keaksaraan Dasar

Ditujukan untuk peserta didik dewasa yang masih memiliki kesulitan untuk menga mengikuti pendidikan kesetaraan karena ketidakmampuan dalam hal baca-tulis, berhitung dasar, dan/atau berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik.

-Kelas – kelas Inspirasi

Ditujukan untuk masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana YPAB dijalankan. Belajar dari kegagalan dan kesuksesan YPAB, serta berbagai kisah yang diharapkan dapat menginspirasi dan menambah semangat juang dalam dunia pendidikan.

Tertarik untuk gabung di PKBM YPAB?

Mari bergabung menjadi Tutor

Untuk anda yang memiliki visi dan misi yang sama mengenai pentingnya pendidikan, senang berbagi ilmu, dan memiliki antusiasme dalam mengajar, maka program tutor di YPAB akan menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan minat mengajar anda. Selain menambah pengalaman anda dalam mengajar, anda juga berkesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan tutor hebat lainnya yang berasal dari usia, profesi, latar belakang akademis, kepribadian yang berbeda. Selain mendapatkan pengalaman menarik berbagi ilmu bersama peserta didik, anda juga berkesempatan untuk membuka jaringan yang lebih luas. Untuk berkontribusi menjadi relawan, anda dapat mendaftarkan diri anda di form yang tertera dalam situs resmi YPAB https://ypab.org/kontribusi/relawan/

Mari bergabung sebagai Peserta Didik

Untuk kamu yang ingin menyelesaikan pendidikan tertunda karena masalah biaya, untuk kamu yang benar-benar ingin belajar namun tidak lagi memiliki waktu luang karena harus tetap bekerja, mungkin YPAB adalah solusi yang tepat buatmu. Salah satu program terbaik YPAB adalah mengajak masyarakat putus sekolah prasejahtera untuk #SekolahLagi melalui institusi bernama PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB). Akan ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan belajar dan menjadi peserta didik YPAB. Apabila kamu tertarik untuk bergabung menjadi peserta didik PKBM YPAB maka kamu dapat mendaftarkan diri kamu pada saat PKBM YPAB membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru. Kamu bisa cek situs resmi YPAB agar tidak ketinggalan info ya! https://ypab.org/kontribusi/mari-belajar/

Rumah Belajar PKBM YPAB beralamatkan di Jl. Tegal Rotan Raya No. 21A, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan. Anda bisa mengujungi website resmi YPAB untuk info lebih lanjut di https://ypab.org/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image