Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Bagaimana Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah? Berikut Jawabannya!

Gaya Hidup | Tuesday, 12 Sep 2023, 11:12 WIB
Sumber gambar: Freepik

Prematur adalah kondisi bayi yang lahir sebelum memasuki minggu ke-37 kehamilan dengan berat badan kurang dari 2500 gram. Pada umumnya kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu.

Kondisi prematur dapat dipicu karena ibu sudah pernah melahirkan bayi prematur atau pernah hamil anak kembar. Penanganan anak prematur harus diperhatikan dengan khusus karena organ-organ vital bayi belum berkembang sempurna, baik paru-paru, otak, jantung, mata, maupun pendengarannya.

Menurut dr. Lucia Nauli Simbolon, SpA ada beberapa faktor yag menyebabkan bayi lahir secara prematur, antara lain karena faktor ibu dan faktor kehamilan.

Faktor yang Menyebabkan Bayi Lahir Prematur

1. Faktor Ibu

Faktor ibu dapat disebabkan karena penyakit atau kondisi ibu sebelum melahirkan. Misalnya, sang ibu menderita preeklamsia, tekanan darah tinggi, terdapat kenaikan kadar gula darah, terdapat protein dalam urin ibu, infeksi, atau karena pecah ketuban sebelum waktunya.

2. Faktor persalinan

Faktorpersalinan dikarenakan beberapa faktor antara lain kelainan pada plasenta atau ari-ari, penempelan plasenta tidak pada tempatnya misalnya plasenta berada di bawah leher rahim sehingga memicu kontraksi.

Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah

1. Menjaga Kehangatan Bayi dengan Gendongan Kangguru

Berat bayi prematur biasanya kurang dari 2500 gram, otomatis lemak tubuh bayi juga tipis. Lemak akan berguna untuk menghangatkan bayi, namun saat berat bayi tidak normal maka kehangatan bayipun kurang dan bayi mudah mengalami hiportemia jika suhu ruangan dingin. Anda bisa menggendong bayi dengan gendongan kangguru agar tubuh bayi terjaga dan lebih hangat.

2. Jaga Kebersihan Bayi

Bayi prematur mudah mengalami infeksi, bisa berbentuk bakteri, virus, dan sebagainya. Bakteri dan virus sering berasal dari tangan, atau kondisi lingkungan rumah. Oleh karena itu perhatikan kebersihanlingkungan. Jangan merokok di dekat bayi dan bersihkan perabotan dari debu dan kotoran lain.

3. Memberikan ASI pada Bayi

ASI memiliki antibodi yaitu kekebalan tubuh untuk bayi dan melindungi dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, usahakan pemberian ASI pada bayi teratur.

4. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Mandikan bayi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan memandikan bayi terlalu pagi, mandikan bayi pada pukul 8-9 pagi dan sore sebelum jam 5. Cukup mandikan bayi satu kali dalam sehari.

5. Susui Bayi Walaupun Tertidur

Jam tidur bayi prematur lebih panjang dari bayi berat normal. Namun, ibu harus tetap menyusui bayi meskipun sedang tertidur. Anda bisa menyentil kaki bayi agar bayi terbangun dan segera susui bayi Anda.

Beberapa tips diatas dapat Anda terapkan untuk merawat bayi prematur. Namun perlu diingat bahwa yang terpenting adalah kesiagaan orangtua dalam merawat bayi. Ajak ia untuk terus berinteraksi, tertawa, mengobrol, dan berikan rangsangan rangsangan untuk perkembangan motorik dan kognitifnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image