Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Kelas II Purwokerto

Pemerintah Desa Makam Bantu Warganya Peroleh Integrasi

Info Terkini | Sunday, 10 Sep 2023, 14:56 WIB

Purbalingga, Info_Pas- Sebagai aparatur pemerintah desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat, tentu sangat banyak berbagai macam bentuk pelayanan yang harus diberikan kepada warganya. Hampir setiap hari pelayanan di pemerintahan desa selalu penuh dengan antrian warga yang silih berganti menunggu mendapatkan pelayanan sesuai yang dibutuhkan. Pemandangan seperti ini tidak terkecuali juga terjadi di sebuah pusat pelayanan masyarakat, tepatnya di kantor Pemerintah Desa Makam Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

Walaupun jarak dari Desa Makam ke pusat kota Purbalingga ini cukup jauh sekitar 32 km dengan kondisi geografis pegunungan, namun tingkat perekonomian penduduk desa ini cukup mengagetkan. Bagaimana tidak, selain jarak yang cukup jauh, kondisi geografis desa ini juga terletak di pegunungan yang cukup tinggi. Namun siapa sangka pola kehidupan penduduk ini sangat maju jika dilihat dari hiruk-pikuknya mobiltas perdagangan.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Purwokerto yang mengunjungi seorang Penjamin dalam rangka penggalian data guna penyusunan Laporan Penelitian Kemasyarakatan untuk usulan program Integrasi berupa Pembebasan Bersyarat terhadap salah satu warga desa Makam yang sedang menjalani pidana di Rumah Tahanan Negara Purbalingga. Kunjungan Hadi, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Purwokerto ini diterima langsung oleh Eko Nurwanto selaku Sekretaris Desa Makam, Jodi Julianto selaku Kasie Pemerintahan Desa dan beberapa Pejabat yang lain.

"Perekonomian di desa Makam ini tergolong tinggi, karena mayoritas penduduk desa adalah pedagang" ungkap Eko kepada Hadi di ruang tamu Kantor Pemerintah Desa Makam, Rabu 6 September 2023. Suasana menjadi begitu akrab saat Hadi kembali menanyakan tanggapannya bagaimana desa yang sangat maju perdagangannya ini, terdapat warga yang menjadi pesakitan di Rumah Tahanan Negara Purbalingga.

"Bagaimana tanggapan pemerintah desa Makam ini dengan adanya warga yang akan kembali di tengah masyarakat melalui program Integrasi berupa Pembebasan Bersyarat?" tanya Hadi kepada Sekretaris Desa Makam ini.

Pertanyaan Hadi ini membuat beberapa pejabat pemerintah desa Makam yang hadir ini saling menjelaskan satu dengan yang lain. "Jadi, apapun adanya warga kami, kami akan siap membantu demi yang terbaik untuk warga kami, apalagi kalau untuk usulan program Pembebasan Bersyarat, kami akan bantu sampai kembali ke masyarakat agar dapat hidup normal dan diterima kembali di masyarakat" ungkap Eko sambil menunjukkan arsip surat jaminan. (HPH/jbttk/YR)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image