Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Widiarini

Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah

Info Terkini | Friday, 08 Sep 2023, 22:05 WIB

Banyumas – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi dan Akuntansi tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Banyumas Raya menggelar kegiatan rutin MGMP Ekonomi yang dilaksanakan di MAN 3 Banyumas pada hari Rabu 6 September 2023. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Fasda Ekonomi Madrasah Kabupaten Banyumas , Sasi Welas, ME. Fasilitator daerah Ekonomi Kabupaten Cilacap, Ali Maskur,S.Pd serta pengurus MGMP Ekonomi H. Imam Heri Purnomo,S.Pd.

Dalam acara yang dihadiri oleh puluhan guru mata pelajaran Ekonomi dari berbagai MAN dan MAS se-Banyumas Raya ini, Sasi membawakan materi utama mengenai “Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah”. Materi tersebut mengupas tuntas konsep dan praktik penggunaan Kurikulum Merdeka yang menjadi perhatian utama dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kegiatan MGMP Ekonomi di MAN 3 Banyumas, Rabu 6 September 2023

Dalam presentasinya, beliau menjelaskan tentang pendekatan, prinsip, dan strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan madrasah. Termasuk gelar karya P5 dan P2RA Ia menceritakan penglamannya di MAN 1 Banyumas yg sudah menerapkan IKM kelas X secara gamblang. Nara sumber lainnya, Inayah, S.Pd juga menyampaikan materi pentingnya pengembangan kompetensi abad ke-21 pada peserta didik, seperti keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Selain itu, ia juga membahas tentang cara pemetaan KKTP yang benar, metode pembelajaran aktif dan inovatif yang dapat memfasilitasi pembentukan pola pikir yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan terutama pentingnya penanaman nilsi karakter bagi peserta didik terus perlu di pupuk.

Kegiatan MGMP ini juga memberikan ruang bagi para guru Ekonomi Madrasah Aliyah untuk berdiskusi, bertukar pengalaman, serta berbagi strategi menghadapi tantangan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di madrasah masing-masing. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi para pendidik dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih relevan dan memotivasi bagi peserta didik.

Ketua MGMP Ekonomi, Imam Heri menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta yang hadir dalam kegiatan ini.

“Kegiatan MGMP Ekonomi seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme guru-guru Ekonomi dan Akuntansi se-eks karesidenan Banyumas Raya". Dengan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, diharapkan guru-guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman,” jelasnya.

Di tempat terpisah , sekretaris MGMP Ekonomi berpesan agar Kegiatan MGMP di tingkat karesidenan Banyumas ini bisa di jadwal secara rutin setiap semester sekali diharapkan dapat menjadi wahana silaturrohmi, pembelajaran dan refleksi bersama bagi para pendidik dalam menghadirkan pendidikan yang lebih baik di madrasah. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Kurikulum Merdeka, diharapkan para guru dapat membimbing peserta didik untuk menjadi generasi yang siap menghadapi berbagai tantangan global di masa depan. (Al_bari /widi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image