Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tikim Kanim Polewali Mandar

Observasi Lapangan oleh TPM, Imigrasi Polman Yakin Raih Predikat WBK

Info Terkini | Tuesday, 05 Sep 2023, 09:31 WIB
Sumber: https://kanimpolewali.kemenkumham.go.id/2023/09/observasi-lapangan-oleh-tpm-imigrasi-polman-yakin-raih-predikat-wbk/

POLMAN – Kepala Kantor beserta seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menerima kunjungan dari Tim Penilai Mandiri (TPM) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM pada Kamis (31/08/2023).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Observasi dan Verifikasi Lapangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

Tim Penilai Mandiri disambut dengan pengalungan sarung khas mandar oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Erybowo Radyan Asmono yang dilanjutkan dengan Yel-Yel Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK oleh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

Kemudian Tim Penilai Mandiri melakukan observasi mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar seperti ketersediaan lapangan parkir, toilet untuk masyarakat dan penyandang disabilitas, ruang bermain anak, ruang tunggu pelayanan, jalan akses menuju ruang pelayanan serta fasilitas penunjang pelayanan lainnya.

Selain itu, dilakukan juga observasi mengenai pelaksanaan pelayanan keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar dari mulai masyarakat yang datang untuk bermohon Paspor sampai dengan tahapan penyelesaian pencetakan Paspor oleh petugas.

Pada kesempatan tersebut, Erybowo juga menjelaskan beberapa inovasi yang telah dilaksanakan pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar diantaranya adalah Layanan Jemput Bola Kanim Polman di Kabupaten Majene dan Mamasa (Layanan Jempol MaMa) dan Layanan Pengambilan Paspor Jangka Waktu 3 Menit.

"Kami telah melaksanakan inovasi Layanan Jempol MaMa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan guna menjangkau masyarakat di wilayah Kabupaten Majene dan Mamasa dengan tanggapan yang baik dari masyarakat maupun dari Pemerintah Daerah," ujar Erybowo.

Ia melanjutkan bahwa selain Layanan Jempol MaMa, pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar juga telah menerapkan inovasi untuk Pengambilan Paspor Dalam Jangka Waktu 3 Menit sehingga masyarakat yang akan melakukan pengambilan Paspor yang telah diterbitkan dilayani dengan cepat dan mudah.

Selesai observasi pada sarana dan prasarana, Tim Penilai Mandiri melaksanakan verifikasi data Lembar Kerja Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan pemaparan pada saat Desk Evaluasi sebelumnya dengan kondisi nyata dilapangan dengan cara melakukan wawancara singkat kepada perwakilan pegawai dan masyarakat penerima layanan pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

"Apa yang sudah direkomendasikan oleh Tim Penilai Mandiri tentunya akan kami lengkapi sebagai bentuk komitmen kami dalam membangun Zona Integritas sehingga Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi tahun ini dapat diraih serta masyarakat mendapatkan dampak yang sangat baik dari hal tersebut," tutup Erybowo usai selesai Observasi dan Verifikasi Lapangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image