Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Manfaat Buah Pisang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Eduaksi | Friday, 01 Sep 2023, 10:56 WIB

Buah Pisang adalah salah satu buah yang mudah didapatkan dimanapun dinegara Indonesia. Bahkan buah pisang ini dijuluki sebagai Buah Orang Desa, karena cara menanamnya sangat mudah serta tanamannya sangat kuat dan tahan terhadap musim apapun. Tanaman Pisang sangat mudah dikembangbiakan karena tanaman ini tidak memerlukan menyiram air setiap hari dikarenakan didalam tanaman ini mengandung unsur air yang sangat tinggi.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengisi seminar di Palur Plassa Mall/Foto : Dokpri

Didalam batang tanaman pisang yang bernama “Debog” memiliki kandungan unsur air yang tinggi yang berguna untuk bertahan diri ketika musim kemarau tiba. Manfaat tanaman Pisang juga banyak selain dimanfaatkan buahnya, selain pohonnya yang bisa dipake untuk alat Dalang ketika mementaskan wayang, Daunnya juga sering digunakan para pedagang untuk membungkus makanan serta untuk acara kenduri hajatan disuatu kampung.

Sedangkan manfaat Buah pisang ini sangat banyak sekali, salah satunya ternyata buah Pisang sangat baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Buah Pisang memiliki kandungan yang baik sekali untuk penderita hipertensi yaitu Buah pisang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan kalium yang baik untuk kesehatan serta mengobati atau mencegah berbagai macam penyakit dimana fungsi kalium ini bisa menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi. Buah pisang juga bisa mencegah serangan penyakit jantung koroner, dan baik juga buat penderita darah tinggi karena pisang tinggi kalium dan rendah garam.

Kandungan pisang yang rendah garam sangat baik bagi penderita Hipertensi dikarenakan pada penderita Hipertensi diharuskan untuk membatasi konsumsi garam dikarenakan asupan garam yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah pada penderita Hipertensi. Dari penelitian Sutriyanto tahun 2019 menyatakan bahwa mengkonsumsi Buah Pisang Raja efektif menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi sebesar rerata 20 mmHg.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Buah Pisang efektif menurunkan tekanan darah dikarenakan Buah pisang dikenal sebagai buah yang tinggi kalium yang akan menyebabkan terjadinya vasodilatasi atau pelebaran pada pembuluh darah dengan cara hiperpolarisasi dari otot polos pembuluh darah pada seluruh tubuh mnanusia. Selain itu kalium juga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan ekskresi ion Natrium dari dalam tubuh yang diikuti dengan peniningkatan pengeluaran cairan dari dalam tubuh sehingga volume darah berkurang. Volume darah yang berkurang menyebabkan penurunan tekanan darah.

Sehingga dengan rutin mengkonsumsi Buah Pisang bisa mengontrol tekanan darah pada penderita Hipertensi supaya tidak terjadi kekambuhan peningkatan tensi kembali. Selain itu hal – hal lain yang harus diperhatikan pada penderita Hipertensi adalah menghindari faktor resiko dari terjadinya Peningkatanan tekanan darah. Dikarenakan apabila penderita Hipertensi tidak bisa mengubah gaya hidup sehat maka pola tersebut tidak akan bertahan lama dan akan terjadi lagi peningkatan tekanan darah kembali. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image