Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Konsumsi Buah Durian Terlalu banyak Bisa Tingkatkan Serangan Jantung

Eduaksi | Wednesday, 30 Aug 2023, 17:27 WIB

Solo – Buah Durian adalah buah yang sangat digemari di negara Indonesia, bagaimana tidak? Rasa dan aroma buah durian yang menggoda ini membuat orang yang mencium aromanya serasa ingin menikmatinya. Karena menggiurkannya terkadang banyak orang tidak sadar bahwa mereka terlalu banyak mengkonsumsi buah tersebut. Ternyata banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mengkonsumsi buah durian terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika di Fakultas Kesehatan UMP Purwokerto/Foto : Dokpri

Bahaya terlalu banyak mengkonsumsi buah durian sudah banyak dijelaskan didalam penelitian baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ternyata bahaya terlalu banyak mengkonsumsi buah Durian bisa menyebabkan Serangan jantung. Ternyata selain itu terlalu banyak mengkonsumsi buah durian juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain seperti pusing, tekanan darah rendah atau hipotensi dll.

Buah Durian ini ternyata adalah salah satu buah pantangan bagi penderita jantung koroner, dikarenakan ternyata Buah Durian ini mengandung banyak kandungan senyawa yang merugikan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Ternyata didalam buah Durian terkandung senyawa sulfur yang fungsinya bisa memperlambat kandungan alkohol didalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kadar alkohol didalam tubuh dan bisa menyebabkan mabuk. Selain itu terlalu banyak makan Buah Durian bisa menyebabkan peningkatan kadar koiesterol yang sangat tinggi sehingga sangat tidak baik bagi penderita jantung Koroner apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Dokter Jantung Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA dari Siloam Hospital mengatakan bahwa Buah Durian baik dikonsumsi apabila tidak berlebihan, karena suatu yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan manusia. Mengkonsumsi buah Durian alangkah baiknya tidak lebih dari 3 butir.

Hal ini juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” yang menyampaikan bahwa mengkonsumsi Buah Durian banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi apabila dikonsumsi terlalu berlebihan bisa menyebabkan akumulasi racun. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image