Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Manfaat Buah Delima Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Eduaksi | Wednesday, 30 Aug 2023, 10:49 WIB

Solo – Angka penderita hipertensi diseluruh dunia menduduki peringkat pertama pada penyakit Cardiovasculer. Survey penelitian kemenkes tahun 2019 menunjukkan bahwa grafik penderita Hipertensi semakin tahun semakin meningkat dan tidak ada penurunan. Hal ini dipicu banyak hal seperti faktor keturunan serta gaya hidup yang semakin hari semakin tidak sehat. Bahkan penderita hipertensi saat ini tidak harus menunggu umur tua tetapi sudah mulai menghinggapi penderita dengan umur muda.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji ketika operator kateterisasi jantung/Foto : Dokpri

Beriring berkembangnya zaman banyak penelitian dilakukan untuk bisa menurunkan tekanan darah penderita hipertensi baik dengan tindakan farmakologi maupun tindakan non farmakologi. Salah satu tindakan farmakologi adalah dengan obat – obatan penurun tekanan darah yang harus dikonsumsi seumur hidup. Sedangkan untuk tindakan non farmakologi adalah tindakan alami yang tanpa menggunakan obar farmakologi.

Salah satu tindakan mandiri keperawatan yang bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi adalah dengan mengkonsumsi buah delima. Buah delima selain disebut dalam Al Quran dan Al Hadist juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat buah Delima bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Menurut Penelitian yang sudah dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah delima sebanyak segelas jus delima setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi. Tekanan sistolik adalah suara tekanan darah yang didengar pertama kali ketika dilakukan pemeriksaan tensi. Setelah diberikan jus Delima sebanyak 500 ml selama 4 minggu pasien hipertensi merasakan penurunan tekanan darah serta mengalami penurunan berat badan pasien.

Berdasarkan penelitian dari Times of India, Buah delima mengandung vitamin C dosis tinggi, antioksidan seperti polifenol yang memiliki kandungan jumlah yang jauh lebih tinggi daripada buah lainnya dan lipoprotein yang bertindak sebagai penyembuh bagi tubuh. Selain mengurangi koleterol jahat didalam tubuh dan ketebalan arteri karotis vital yang bertindak dalam mengurangi tekanan darah, buah delima juga dapat memenuhi asupan zat besi, kalium, natrium, dan folat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” juga juga menyampaikan meskipun Buah Delima memiliki banyak manfaat tetapi Buah delima juga memiliki efek samping yaitu Buah Delima tersebut bisa bereaksi negatif apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat farmakologis atau obat medis, maka dari itu pentingnya berkonsultasi dengan dokter untuk penatalaksanaan tindak lanjut. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image