Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Manfaat Keajaiban Posisi Tidur Miring ke Kanan Bagi Kesehatan

Eduaksi | Monday, 28 Aug 2023, 22:58 WIB

Solo – Posisi Tidur dalam penelitian ternyata sangat menentukan kesehatan bagi manusia, hal ini sangat penting diketahui oleh masyarakat. Banyak masyarakat umum yang menganggap bahwa posisi tidur itu adalah bukanlah hal yang penting bagi kesehatan karena bagi mereka ketika mau tidur yang penting bisa tidur dengan nyenyak. Tetapi kenyataannya hal itu sangatlah salah. Posisi tidur dalam berbagai sumber penelitian ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang perlu kita ketahui.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melatih ROM dilaboratorium/Foto : Dokpri

Perlu kita ketahui ternyata banyak sekali posisi yang ternyata juga tidak baik untuk kesehatan, yaitu posisi tengkurap. Posisi tengkurap ini menurut penelitian Profesor Rudolfo salah satu ilmuwan dari USA yang menyatakan bahwa posisi tengkurap bisa membuat tidur menjadi “ngorok” karena sumbatan jalan nafas, membuat lengkungan alami tulang belakang berubah, Sakit pinggang, nyeri pada leher dan gangguan bagi jantung.

Selanjutnya posisi apakah yang baik untuk tidur? Ternyata posisi yang baik untuk tidur adalah posisi miring ke kanan. Dimana posisi tersebut adalah Sunah Rasulullah SAW yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut the Journal Of American College Of Cardiologi manfaat posisi tidur miring ke kanan antara lain : mengurangi beban kinerja jantung karena jantung tidak tertekan, melonggarkan pernafasan, mencegah serangan jantung berulang dan mengurangi resiko kegagalan jantung pada pasien mempunyai penyakit jantung koroner.

Secara patofisiologi mekanisme ketika kita tidur dengan posisi miring ke kanan maka pada darah akan mengalir lebih merata dan terkonsentrasi pada tubuh bagian kanan sehingga pada denyut jantung akan lebih lambat dan tekanan darah akan menurun karena aliran darah yang masuk dan yang keluar dari jantung akan melambat. Posisi tidur miring ke kanan ini juga sangat bagus bagi Penderita Tekanan darah tinggi atau hipertensi, selain itu posisi miring ke kanan ini juga bagus untuk penderita yang memiliki masalah sesak nafas.

Menurut dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyatakan bahwa melakukan implementasi posisi tidur miring ke kanan akan memiliki “Double Benefit” yaitu yang pertama akan meningkatkan kesehatan tubuh serta mencegah keluhan penyakit juga akan mendapatkan pahala karena menjalankan Sunah Rasulullah SAW. Seperti dalam Hadist Riwayat Hadist Bukhari dan Muslim : ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710). *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image