ARM HA-IPB Cabang Kalimantan Timur Resmi Dikukuhkan

News  

Suasana pelantikan ARM HA-IPB Cabang Kalimantan Timur.

SAMARINDA --- Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) Cabang Kalimantan Timur resmi terbentuk dan dikukuhkan dalam acara pelantikan yang berlangsung khidmat di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (27/8). Acara ini merupakan bagian dari acara Pelantikan Pengurus DPD HA-IPB Kalimantan Timur periode 2023 - 2027 dan Rapat Kerja Daerah DPD HA-IPB Kaltim yang pertama.

Pengukuhan dan pelantikan ini, sebagaimana diungkap dalam rilis yang diterima redaksi Tadabbur Republika,. Senin (28/8) disaksikan langsung oleh Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, S.P., M.Si., Asisten III Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Ir. Riza Indra Riadi, M.Si., Kepala Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Dr. Mirna Asnawati Safitri, dan Ketua Umum DPP HA-IPB, Dr. Walneg S. Jas, MM,

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si., membacakan naskah pengukuhan pengurus ARM HA-IPB Cabang Kaltim, dilanjutkan dengan pembacaan janji pengurus, penandantanganan berita acara pelantikan, dan penyerahan pataka ARM. Sebelumnya, Ketua 2 ARM, Ir. Emy Puji Astuti, membacakan Surat Keputusan Susunan Pengurus ARM HA-IPB Cabang Kaltim. Di Kalimantan Timur, cabang ARM HA-IPB ini dipimpin oleh Ir. Azhar Rudiyanto, yang merupakan Ketua DPD HA-IPB Kaltim periode sebelumnya, dibantu oleh Ir. Rudi Sasgo sebagai sekretaris dan Ir. Sandjaja sebagai bendahara.

“Hadirnya ARM HA-IPB di Kalimantan Timur membuktikan semangat gotong-royong alumni IPB di provinsi ini, yang menjadi karakter bangsa Indonesia dalam menangani masalah sosial-kemanusiaan, dan kebencanaan,” ujar Asisten III Pemprov Kalim, Riza Indra Riadi. Alumnus IPB Angkatan 21 ini juga terpilih menjadi Ketua Dewan Pembina HA-IPB Kaltim periode 2023-2027.

Ketua DPP HA-IPB, Walneg S. Jas, menekankan pentingnya peran alumni bagi almamater. Ia bersyukur HA-IPB memiliki hubungan yang amat baik dengan almamaternya, IPB University. Dalam bidang kemanusiaan, HA-IPB berharap ARM HA-IPB dapat tampil menjadi lembaga kemanusiaan tingkat nasional dan menjadi role model. “Dengan dikawal oleh para pegiat yang telah berpengalaman dalam dunia kemanusiaan, saya yakin cita-cita itu akan tercapai,” ujar Walneg.

Bagi Ketua DPD HA-IPB Kaltim terpilih, Ir. Sulaeman, M.P., IPU, hadirnya ARM HA-IPB di Bumi Etam merupakan kebanggaan tersendiri. Menurut Sulaeman, permohonan pembentukan ARM HA-IPB di Kaltim didasari niat mulia untuk memperluas jangkauan bantuan manfaat yang dapat alumni IPB lakukan di bidang kemanusiaan. Kaltim menjadi cabang pertama yang berdiri pasca diperolehnya status hukum Yayasan dari Kemenkumham RI kepada ARM HA-IPB di tahun 2021 dan sejak disahkannya Renstra ARM 2022-2024.

“Terbentuknya ARM di Kaltim diharapkan makin menyemarakkan semangat kesukarelawanan para alumni IPB. Apalagi wilayah ini tidak lepas dari kerawanan bencana, terutama banjir dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya. ***

Penulis: Ibnu M Hawab | Redaktur Tadabbur Republika

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image