Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image mugiyono ruswadinata

Empat Syarat Merdeka

Agama | Thursday, 24 Aug 2023, 09:19 WIB

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia adalah hasil perasan pikiran dari para pendiri bangsa ini, di dalamnya memuat ide-ide dasar tentang bagaimana dan atas dasar, termasuk juga untuk apa negara ini didirikan, sehingga layak untuk diperjuangkan.

Semangat untuk memerdekakan diri dari belenggu penjajahan, membebaskan sesama anak bangsa yang terus menderita dari generasi ke generasi karena merasa tak mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain sehingga terus menjadi budak di negeri sendiri, menjadi modal penting untuk merdeka.

Pada gilirannya, hasil fikir nan mendalam ini tertuang dalam pembukaan alinea ke 3 yang menyebutkan bahwa, terdapat 4 hal penting yang mendasari kemerdekaan Indonesia: Di awal alinea, disebutkan, kemerdekaan adalah rahmat Allah SWT, ini bahwa ada dasar keimanan yang kuat pada rakyat Indonesia. Tidaklah kemerdekaan dari cengkraman penjajah dapat diraih kecuali ada campur tangan dari Allah SWT, Sang Pemilik Semesta.

Kemudian terdapat frasa, "didorongkan oleh keinginan luhur", bermakna bahwa kemerdekaan yang diraih dengan penuh perjuangan dari niat tulus untuk membebaskan diri penghambaan kepada sesama manusia dan beranjak menuju merdeka bergantung kepada Sang Maha Pencipta. Niat ini lah yang memberikan energi kepada rakyat Indonesia untuk bersungguh-sungguh berjuang.

Selanjutnya, "supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, bermakna perpindahan dari kondisi yang buruk menuju keadaan yang lebih baik, atau berhijrah. Tidaklah akan muncul perubahan kecuali melalui pergerakan. Maka begitupun kemerdekaan Indonesia diraih dengan pergerakan rakyat menuju kehidupan yang lebih baik.

Dan yang keempatnya adalah bersatunya rakyat Indonesia dalam satu cita meraih kemerdekaan. Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan meski menjadi fondasi awal pergerakan kemerdekaan belum memberikan hasil maksimal, karena mudah terpatahkan melalui politik pecah belah ala penjajah. Namun, pada gilirannya kemerdekaan diraih justru saat muncul kesadaran kolektif dari seluruh rakyat.

Keempat hal yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945, telah terlebih dahulu disebutkan dalam Al-Quran terkhusus pada Q.S 8:74. Iman, atau kepercayaan yang bulat tanpa ada keraguan sedikitpun, memberi energi yang tak habisnya untuk terus berjuang. Hijrah menjadi ruang ekspresi untuk terus bergerak, dan terakhir, kemerdekaan ternyata butuh kerjasama dari berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkannya.

Ayo, Terus Melaju Untuk Maju! Menuju kemerdekaan hakiki, kemenangan yang membuat manusia berduyun-duyun memahami agama Allah SWT sebagai jalan satu-satunya menuju kebahagiaan sejati, kebahagiaan dunia dan akhirat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image