Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Kasus Viral Jangan Minum Es Teh Sehabis Makan Bakso

Eduaksi | Thursday, 24 Aug 2023, 05:19 WIB

Bakso merupakan salah satu makanan kuliner khas negara Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya serta kegurihannya. Selain gurih dan lezat, Bakso merupakan salah satu makanan yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bakso merupakan kuliner yang bahan bakunya terbuat dari daging sapi, tepung dan bumbu rempah seperti bawang dll. Ada juga bakso ayam yang bahan bakunya terbuat dari bahan dasar ayam.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengisi acara Seminar Internasional/Foto : Dokpri

Hal yang paling disukai masyarakat Indonesia adalah ketika sehabis makan bakso diwarung selalu pesan minum es teh. Ketika sehabis makan bakso maka manusia akan terasa haus atau dahaga dikarenakan kadar natrium yang terdapat pada garam serta micin yang terdapat pada bumbu bakso sehingga menimbulkan rasa dahaga.

Salah satu kasus viral adalah anggapann dari masyarakat pada fenomena terbaru tahun 2023 bahwa sehabis makan bakso apabila minum es teh akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Apakah mitos tersebut benar ataukah tidak? Imbauan tersebut viral baru – baru ini bahwa dihimbau tidak memibum es teh setelah makan bakso.

Seorang netizen mengkaitkannya dengan kandungan tanin yang terdapat didalam minuyman teh yang dikwatirkan akan menghambat proses penyerapan protein ke dalam tubuh manusia. Dalam video yang viral yang berdurasi 31 detik tersebut nampak wanita menyampaikan bahwa “Kalau makan bakso sama es teh, itu mengandung tanin, tanin itu menghambat proses penyerapan protein itu sendiri.

Pakar Ahli yaitu Dokter Putri Sakit.M.Gz.,Sp.GK Spesialis Gizi Klinik membenarkan imbauan tersebut. Senyawa kompleks tersebut akan mengurangi daya cerna protein dan saat berikatan dengan enzim disaluran pencernaan, maka aktivitas enzim tersebut akan menurun.

Meski begitu Dokter Spesialis Gizi klinik tersebut tdiak langsung melarang setiap orang untuk tidak minum es teh setelah makan bakso. Sesekali saja diperbolehkan asalkan dalam batas hal wajar dan tidak berlebihan. Beliau menyampaikan bahwa asalkan Teh yang cair jangan terlalu pekat dan alangkah baiknya memilih minuman selain sumber Tanin.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji juga menyampaikan bahwa pada Bakso mengandung daging sapi atau daging ayam yang mengandung tinggi protein. Apabila kita setelah makan Bakso yang mengandung tinggi protein, maka apabila kemudian mengkonsumsi Es Teh yang mengandung Tanin maka akan menghambat proses penyerapan protein ke dalam tubuh menjadi tidak efektif. Selain itu terdapat beberapa alasan mengapa kebiasaan minum teh setelah makan perlu dihindari. Salah satunya karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Sebab, kandungan asam fitat yang ada pada teh dapat mengacaukan penyerapan zat gizi pada tubuh.*Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image