Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Percepat Penurunan Stunting, Kepala DPKP Pandeglang Buka Workshop Kader

Eduaksi | Wednesday, 23 Aug 2023, 19:55 WIB
Kepala DPKP Pandeglang memberikan arahan sekaligus membuka workshop dalam rangka peningkatan kapasitas kader di Kecamatan Cibaliung Rabu (23/08/2023)***

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang atas nama Bupati Pandeglang membuka workshop kader yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang di Saung Kirai Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kader kesehatan yang ada di wilayah kerja Kecamatan Cibaliung dan Kecamatan Cibitung dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kasyarakat setempat

Kepala DPKP Dr. Nasir, SP., MBA., MP mengatakan, peran kader sebagai mitra kembangunan kesehatan sangat strategis dalam membina masyarakat dan lingkungannya agar hidup bersih dan berperilaku sehat, mengoptimalkan peran Posyandu, serta melakukan transformasi pelayanan kesehatan yang terintegrasi mulai Posyandu balita, Posyandu remaja, Posyandu Penyakit Tidak Menular (PTM), Posyandu Lansia, dan pelayanan kesehatan masyarakat lainnya.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan semangat para kader Kesehatan yang selama ini telah membantu masyarakat dan petugas kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya usai membuka workshop peningkatan kapasitas kader di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Rabu 23 Agustus 2023.

Dia berharap petugas pelayanan kesehatan di tingkat desa dan kader kesehatan serta stakeholder terkait terus bersinergi untuk berupaya lebih meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai tugas pokok dan peran masing-masing.

“Manfaatkan Posyandu yang ada untuk melayani masyarakat dan kalau tidak bisa terlayani oleh kader berikan layanan kesehatan rujukan ke Puskesmas Pembantu (pustu) atau Puskesmas terdekat,” kata Dr. Nasir.

Atas nama Bupati Pandeglang, Dr. Nasir menyampaikan bahwa salah satu program prioritas pelayanan kesehatan saat ini adalah bagaimana upaya mempercepat penurunan stunting yang menjadi salah satu tugas utama kader Kesehatan.

"Sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan kader Kesehatan harus bekerja dengan ikhlas untuk kemajuan dan tercapainya indek pembangunan kesehatan yang baik sesuai harapan, diantaranya bagaimana menurunkan angka stunting dari 29,4 persen menjadi 14 persen," imbuhnya

Baca juga : Sekolah Lapang Solusi Tingkatkan Produksi dan Produktivitas Pertanian

Kepala Puskesmas Cibaliung Hj. Iyot Sa’diah, S.ST mengungkapkan, workshop ini diikuti peserta sebanyak 90 orang dengan nara sumber dari organisasi profesi persatuan ahli gizi (Persagi) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pandeglang.

Materi yang disampaikan diantaranya sosialisasi buku pink kesehatan ibu dan anak (KIA) dan simulasi penggunaan alat atropometri untuk menilai status gizi anak.

“Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas kader dalam melaksanakan tupoksinya sebagai kader kesehatan masyarakat,” katanya.

Hadir dalam acara workshop kader kesehatan ini unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat, Kepala Puskesmas Cibaliung Hj. Iyot Sa’diah dan Kepala Puskesmas Cibitung Dian Suhendar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image