Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pengajian untuk Perkuat Silaturahmi

Agama | Tuesday, 22 Aug 2023, 09:03 WIB
Pengajian Dosen-Tendik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Banguntapan (Dok. Istimewa)

Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan pengajian dan silaturahmi antara dosen serta tenaga kependidikan (tendik) UAD yang berdomisili di cabang Banguntapan Selatan dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat, 11 Agustus 2023 di Masjid K.H. Ahmad Dahlan, Jl. Pleret KM. 1,5 Bokduwur, Potorono, Banguntapan, Bantul. Turut hadir pula dalam acara itu Wakil Rektor (WR) Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) UAD, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) UAD dan Kepala LPSI UAD.

Kegiatan diawali dengan pengajian bersama jamaah masjid. Kemudian dilanjut silaturahmi yang dimulai dengan penyampaian sambutan dan arahan dari WR AIK UAD, Kepala LPSI UAD, dan Ketua LPCR PDM Bantul kepada PCM Banguntapan Selatan. Setelah itu, dilakukan penyerahan secara simbolis dosen dan tendik UAD yang berdomisili di cabang Banguntapan Selatan oleh WR AIK dan Kepala LPSI UAD kepada PCM.

“Selain pengajian dan silaturahmi, dalam acara tersebut juga ada pemaparan program-program PCM Banguntapan Selatan dan diskusi,” tutur Yahya Hanafi, M.Sc. selaku Kepala Bidang Kemasyarakatan LPSI UAD dalam sebuah wawancara beberapa hari lalu.

“Diharapkan dengan adanya pemaparan program-program dari PCM, dosen dan tendik dapat bersinergi serta berkolaborasi dalam program-program yang ada di PCM Banguntapan Selatan. Seperti pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam bidang pendidikan, ekonomi, pemanfaatan tanah wakaf, dan pengembangan gerakan sedekah sampah di PCM Banguntapan Selatan,” imbuh Yahya. “Selain itu, dosen juga bisa melakukan kegiatan pengabdian dan penelitian dengan mitra PCM Banguntapan Selatan atau Pimpinan Ranting (PR) setempat.”

Yahya mengatakan, salah satu tujuan LPSI mengadakan acara itu adalah untuk mempertemukan dan mengenalkan dosen maupun tendik UAD yang berdomisili di cabang Banguntapan Selatan dengan PCM, sehingga mereka dapat terlibat serta berpartisipasi langsung dalam persyarikatan Muhammadiyah baik di cabang maupun ranting setempat.

Lebih lanjut dalam wawancaranya, Yahya menjelaskan bahwa tujuan dilibatkannya dosen dan tendik UAD dengan PCM dan ortom setempat adalah agar bisa mengikuti kegiatan pengajian rutin yang diselenggarakan PCM dan rantingnya. Selain itu juga dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang sedang maupun akan berlangsung, menjadi pengurus dan dapat melakukan pemberdayaan jamaah atau masyarakat di PCM Banguntapan Selatan melalui kegiatan pengabdian serta penelitian.

“Pelibatan dosen dan tendik UAD dalam persyarikatan merupakan wujud implementasi aturan yang tertuang di Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPM 4.0) PTMA: Standar Umum Al-Islam Kemuhammadiyahan tentang Sumber Daya Manusia,” imbuh Yahya.

Kurang lebih terdapat 114 peserta yang hadir dalam kegiatan pengajian dan silaturahmi tersebut. Kegiatan ini mendapat respons yang sangat baik dan PCM mengapresiasinya karena memang sudah menanti-nanti acara semacam ini. “PCM Banguntapan Selatan sangat mengharapkan bantuan dan kontribusi dari dosen maupun tendik UAD yang berdomisili di Banguntapan Selatan. Selama ini PCM belum memiliki data lengkap dosen maupun tendik yang berdomisili di cabangnya,” tutup Yahya. (Zah)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image