Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

Shalat yang Khusyuk Membawa Kebahagiaan Dunia Akhirat

Agama | Saturday, 19 Aug 2023, 05:39 WIB
Dok. gramedia.com

Shalat adalah salah satu rukun Islam yang paling penting. Shalat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, yang telah baligh. Shalat merupakan sarana komunikasi langsung antara seorang hamba dengan Allah. Shalat juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, untuk memohon ampunan dan pertolongan-Nya.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang tidak mendirikan shalat dengan baik. Ada yang shalat, namun tetap berbuat keji dan munkar. Ada yang shalat, namun tetap memakan riba, korupsi, menyuap, minum minuman keras, dan lain sebagainya. Mereka ini yang juga shalat, apakah telah mendirikan shalat dengan baik dan menunaikan kewajibannya dengan sebaik mungkin?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:
"Barang siapa yang shalat dengan khusyuk, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa shalat yang khusyuk dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Namun, apakah shalat yang khusyuk itu hanya sekedar berdiri, rukuk, sujud, dan membaca bacaan shalat saja? Tidak! Shalat yang khusyuk adalah shalat yang dilakukan dengan hati yang ikhlas, khusyuk, dan penuh penghayatan.

Shalat yang khusyuk akan membuat seorang hamba merasa dekat dengan Allah. Shalat yang khusyuk akan membuat seorang hamba merasa tenang dan damai. Shalat yang khusyuk akan membuat seorang hamba terhindar dari perbuatan keji dan munkar.

Jika seseorang shalat, namun tetap berbuat keji dan munkar, maka shalatnya tidak akan diterima oleh Allah. Shalat yang tidak diterima oleh Allah tidak akan menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendirikan shalat dengan baik dan khusyuk. Shalat yang khusyuk akan membuat kita menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah. Shalat yang khusyuk akan membuat kita menjadi hamba yang selamat di dunia dan akhirat.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendirikan shalat dengan khusyuk:

1. Pahami makna dari setiap bacaan shalat.

2. Berwudhu dengan sempurna.

3. Memakai pakaian yang bersih dan sopan.

4. Memilih tempat yang tenang untuk shalat.

5. Menghadap kiblat dengan benar.

6. Melakukan shalat dengan gerakan yang benar.

7. Menghayati setiap bacaan shalat.

8. Memfokuskan pikiran pada Allah.

9. Memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah.

Jika kita dapat melakukan tips-tips di atas, maka kita akan dapat mendirikan shalat dengan khusyuk. Shalat yang khusyuk akan membuat kita menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah. Shalat yang khusyuk akan membuat kita menjadi hamba yang selamat di dunia dan akhirat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image