Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah Arti Simbol Baterai Kuning pada iPhone dan Cara Mematikannya

Teknologi | Friday, 18 Aug 2023, 08:17 WIB
Baterai kuning pada iPhone (Slash Gear/SSDarindo)

Saat dicabut dan memiliki tingkat baterai yang cukup, simbol atau ikon baterai iPhone yang dapat dilihat di sudut kanan atas layar perangkat biasanya berwarna putih dan dapat menampilkan persentase baterai jika pengaturannya diaktifkan. Ketika ikon berwarna merah, itu berarti persentase baterai iPhone Anda sangat rendah, yaitu kurang dari 20% dan harus diisi sesegera mungkin untuk menghindari matinya perangkat secara total.

Saat mengisi daya, secara otomatis akan berubah menjadi hijau untuk mengindikasikan bahwa perangkat seluler sedang menerima lonjakan daya. Namun, apa artinya apabila ikon baterai berwarna kuning?

Ternyata, simbol baterai berwarna kuning pada bilah status iPhone Anda bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Menurut laman Slash Gear symbol itu hanyalah indikasi bahwa perangkat Anda dalam Mode Daya Rendah. Dengan mengaktifkan fitur ini, baterai iPhone Anda pada dasarnya direntangkan karena beberapa fungsi perangkat Anda yang biasanya membutuhkan banyak baterai untuk sementara waktu dihentikan atau dibatasi.

Misalnya, 5G mungkin dinonaktifkan untuk model iPhone 12 sementara iterasi iPhone 13 yang memiliki tampilan ProMotion mungkin mengalami kecepatan refresh tampilan yang terbatas. Untuk versi iPhone lainnya. Penyegaran aplikasi latar belakang, unduhan otomatis, dan pengambilan email semuanya ditangguhkan.

iCloud Photos juga dapat dijeda sementara dan kecerahan layar tampilan serta tampilan beberapa animasi visual dapat dikurangi. Pada akhirnya, saat Mode Daya Rendah diaktifkan, beberapa fungsi iPhone mungkin terasa lamban karena kinerja prosesor secara keseluruhan melambat.

Apakah Mode Daya Rendah iPhone Merupakan Pengaturan Otomatis

Secara default, sakelar Mode Daya Rendah iPhone berada dalam posisi mati - Anda harus menyalakannya secara manual melalui pengaturan perangkat (atau secara tidak sengaja melakukannya) agar ikon status baterai berubah menjadi kuning. Dalam beberapa kasus, ketika baterai iPhone Anda mencapai 20% atau di bawahnya, sebuah notifikasi akan muncul di layar yang menawarkan opsi untuk mengaktifkan fitur hemat baterai.

Selain skenario tersebut, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pintasan bawaan iPhone untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah secara otomatis saat baterai mencapai persentase yang Anda inginkan. Berikut caranya:

1. Luncurkan aplikasi Pintasan iPhone.

2. Pilih tab Otomasi di bilah navigasi bawah.

3. Tekan Buat Otomatisasi Pribadi.

4. Gulir ke bawah dan pilih Tingkat Baterai.

5. Pilih opsi "Turun ke Bawah" dan sesuaikan penggeser ke tingkat yang Anda inginkan.

6. Ketuk Berikutnya.

7. Tekan Tambah Tindakan.

8. Ketik "Set Low Power Mode" pada bilah pencarian, pilih, dan pastikan mode tersebut telah diatur untuk menyala.

9. Ketuk Berikutnya.

10. Nonaktifkan Tanya Sebelum Menjalankan, dan konfirmasikan pilihan.

11. Tekan Done.

Langkah-langkah ini akan secara otomatis mengaktifkan Mode Daya Rendah ketika penanda persentase baterai yang Anda pilih tercapai. Anda dapat mengedit persentase yang ditetapkan otomatisasi Mode Daya Rendah dengan mengetuk entri di daftar Otomatisasi dan memilih "Ketika tingkat baterai turun di bawah." Untuk menghentikan otomatisasi agar tidak terpicu, Anda dapat menonaktifkan Aktifkan Otomatisasi Ini pada halaman Edit Otomatisasi atau mengusap ke kiri pada entri di daftar Otomatisasi untuk menghapusnya.

Cara Menonaktifkan Mode Daya Rendah di iPhone

Jika Anda ingin mendapatkan kembali fungsionalitas penuh fitur iPhone yang dibatasi oleh pengaturan ini, Anda dapat mencolokkan iPhone dan mengisi daya hingga baterai mencapai 80% atau lebih tinggi, yang akan secara otomatis mematikan Mode Daya Rendah. Jika tidak berhasil, Anda harus menonaktifkan mode tersebut secara manual. Begini caranya:

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Buka Baterai.

3. Alihkan sakelar Mode Daya Rendah ke posisi mati.

Anda juga dapat membuat pintasan Pusat Kontrol untuk Mode Daya Rendah untuk mendapatkan akses lebih cepat ke pengaturan, melalui 3 langkah berikut.

1. Kembali ke halaman Pengaturan utama iPhone.

2. Pilih Pusat Kontrol.

3. Di bawah Kontrol Lainnya, tekan simbol "+" di samping Mode Daya Rendah.

Jika ikon status baterai iPhone Anda berubah menjadi kuning dan Anda ingin mematikan Mode Daya Rendah dan mengembalikannya ke tampilan normal, cukup usap ke bawah di tepi kanan atas layar iPhone Anda untuk mengakses Control Center dan ketuk ikon baterai setengah penuh hingga ikon tersebut dibatalkan. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image