Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nirvana Abdillah Sandi

Ga Mau Rugi? Pelajari Pemasaran Digital Sebelum Masuk Dunia Bisnis

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 16 Aug 2023, 11:13 WIB
Sumber : Pexels

Sebagai pelaku bisnis, merupakan langkah yang tepat mempelajari pemasaran digital sebelum terjun dalam dunia pemasaran, agar tidak mengalami kerugian. Secara teoritis, pemasaran digital merupakan peralihan kegiatan pemasaran kedalam dunia digital, seperti media sosial dan market online seperti Shopee, Lazada dan sebagainya.

Oleh karena itulah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang 5 langkah mempelajari pemasaran digital agar tidak mengalami kerugian dalam bisnis.

5 Langkah Mempelajari Pemasaran Digital

1. Pelajari kebutuhan pelanggan

Mempelajari kebutuhan pelanggan merupakan kunci utama, sehingga kita dapat mengetahui target pasar produk kita itu siapa?, dan apa yang harus kita jual.

2. Memilih saluran untuk memasarkan produk

Memilih saluran untuk memasarkan produk merupakan hal yang penting. Kita harus dapat memilih saluran mana yang sesuai dengan target pasar kita.

3. Pelajari strategi pemasaran media sosial

Pemilihan saluran pasti tidak akan lepas dengan media sosial. Pemilihan saluran yang tepat untuk memasarkan sebuah produk, akan menuntun kita untuk dapat mempelajari strategi pemasaran dari akun-akun pesaing kita, untuk menerapkan “ATM” (amati, tiru dan modifikasi).

4. Pelajari cara berkomunikasi dengan pelanggan

Cara berkomunikasi kepada client kita, akan mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh client. Ketika komunikasi yang kita bentuk dengan client berhasil, tentunya client tersebut akan menjadi pelanggan kita bahkan menjadi pelanggan tetap kita

5. Permudah akses client

Mempermudah akses client dalam melakukan komunikasi dan juga pembayaran merupakan hal yang harus diterapkan. Berikan lebih dari satu opsi selain Whatsapp untuk menghubungi lebih lanjut, berlaku juga dengan opsi pembayaran. Sehingga memudahkan calon pembeli kita.

Baca Juga : Penting! Pelajari Manajemen Organisasi Anda

Manfaat Pelajari Pemasaran Digital

Setelah memahami langkah diatas, berikut 5 manfaat mempelajari pemasaran digital

 

  1. Memiliki gambaran mengenai apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang seharusnya tidak kita lakukan. Walaupun setiap kasus berbeda, namun kita akan dapat menghindari salah melangkah ketika sudah terjun kedalam dunia bisnis.
  2. Mempelajari berbagai tempat dalam dunia digital, memberikan banyak sekali informasi kepada kita, mengenai seberapa banyak saingan kita dalam bisnis tersebut.
  3. Kita akan semakin kreatif , karena dengan begitu seringnya kita melihat cara memasarkan hingga dari saingan kita. Kita akan mendapatkan ide dari hal tersebut.
  4. Kita akan mengetahui trend apa yang sedang viral pada ranah produk kita. Sehingga tidak akan mengalami kerugian karena tidak mengikuti perkembangan trend yang ada.
  5. Pendalaman yang baik akan dapat memiliki manfaat dalam jangka panjang. Membuat perusahaan tersebut berkembang ditengah banyaknya saingan yang telah ada dan baru bergabung dalam dunia bisnis.

Kelebihan dan kekurangan pemasaran digital

Setelah mengetahui langkah dan manfaat diatas

Berikut 4 kelebihan dan kekurangan pemasaran digital yang harus kamu ketahui

Kelebihan

 

  1. Hemat biaya dan dapat dilakukan dimanapun ketika terhubung dengan internet.
  2. Jangkauan yang lebih luas, dengan terhubung dengan internet jangkauan kita tidak akan dibatasi.
  3. Lebih efektif dizaman saat ini jadi pasti akan melibatkan komunikasi dua arah untuk melakukan interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan
  4. Dapat memasarkan produk sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Kekurangan

 

  1. Memerlukan perangkat yang memadai, dengan perkembangan yang pesat, alat untuk melakukan pemasaran pun harus memadai.
  2. Tingginya persaingan, karena luasnya jangkauan pasti mendatangkan banyak saingan di era peralihan ini.
  3. Tidak dapat menjangkau orang yang tidak terlibat digitalisasi.
  4. Keamanan yang rentan. Sehingga ketika mengalami kendala teknis mengenai produk yang kita lakukan maupun dari non teknis, akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan kepada kita.

Inilah artikel yang membahas mengenai langkah untuk mempelajari pemasaran digital. Tentunya kamu akan lebih mengetahui langkah mana yang harus diambil ketika ingin terjun dalam dunia bisnis. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi lama Instagram Fbhis Umsida disini.

Penulis: Nirvana Abdillah Sandi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image