Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Retno Kusumawardani

Inilah Manfaat Berkemah di Alam Bebas untuk Anak-Anak

Teknologi | Tuesday, 15 Aug 2023, 09:13 WIB
Source : https://www.bluettipower.id/

Berkemah adalah kegiatan di luar rumah yang memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Kalau zaman saya dahulu, bekemah dilakukan pada saat mengikuti kegiatan Pramuka., bisa berupa Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) maaupun kegiatan yang lebih besar lainnya. Saat ini kegiatan ekstrakurikuler Pramuka masih ada di sekolah-sekolah namun kegiatan berkemah tidak se intens beberapa waktu lalu.

Menghabiskan waktu di tengah alam merupakan pengalaman yang menyenangkan. Sayang sekali kalau anak-anak kita tidak pernah merasakannya. Tak ada salahnya sekali waktu kita mengajak anak-anak untuk berkemah. .

Untuk permulaan, memperkenalkan suasana berkemah bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Misalnya saja di teras atau di halaman belakang. Jika anak-anak sudah merasa nyaman barulah di ajak berkemah di alam bebas yang sesungguhnya.

Ada banyak pilihan tempat yang bisa dipertimbangkan untuk berkemah. Bisa di kawasan gunung atau pantai. Masing-masing tempat memiliki keistimewaan tersendiri. Misalnya saja udara di gunung memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara siang dan malam hari, berbeda dengan di pantai yang suhunya tidak jauh berbeda. Oleh sebab itu persiapan berkemah juga harus memperhatikan perlengkapan yang dibutuhkan disesuaikan dengan lokasi berkemah.

Sebelumberangkat berkemah, mari kita cermati terlebih dahulu manfaat yang dirasakan anak-anak melalui kegiatan berkemah.

1. Mengenal alam sekitar lebih dekat. Berada di alam bebas dalam jangka waktu yang lama membuat anak lebih mengenal alam dan menumbuhkan rasa cinta alam.

2. Merasakan segarnya udara bebas. Kesegaran udara di alam bebas jauh berbeda dengan udara di perkotaan. Udara segar di alam bebas akan membuat tubuh terasa lebih segar.

3. Mengenal hewan dan tumbuhan di sekitar. Berkemah di alam merupakan salah satu cara memoerkenalkan anak-anak pada hewan dan tumbuhan di sekitarnya. Pengalaman ini menambah oerbehendaraan pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan semakin bertambah.

4. Memberi kesempatan anak lebih bergerak aktif. Berada di alam yang bebas dapat memacu anak untuk bergerak lebih aktif. Selain itu juga merangsang saraf motorik dan membuat tubuh lebih sehat.

5. Melatih disiplin dan tanggung jawab. Pada saat berkemah, secara tidak langsung anak-anak dituntut untuk menjaga lingkungan. Anak jadi lebih terlatih untuk membuang sampah di tempatnya saat berada di alam bebas.

6. Meningkatkan rasa percaya diri. Di lokasi perkemahan, kita juga bertemu dengan peserta kemah lainnya. Anak jadi belajar bersosialisasi dan memupuk rasa percaya diri.

7. Meminimalisir penggunaan gadget. Pada saat berkemah harus diberlakukan aturan khusus. Yaitu penggunaan gadget seminimal mungkin. Dengan kegiatan yang menarik, anak akan lebih mudah untuk melupakan gadget.

8. Menyegarkan pikiran anak-anak setelah berkegiatan rutin. Setiap hari anak disibukkan dengan kegiatan sekolah, pekerjaan rumah, les dan lainnya. Dengan berkemah, anak melepaskan tekanan akibat rutinitas tersebut. Sehingga nanti pada saat kembali ke rumah mereka lebih segar dan bersemangat.

9. Menciptakan kenangan indah. Kegiatan berkemah yang seru dan menyenangkan bisa menjadi kenangan tersendiri, oleh karena itu susun acaranya dengan baik. Waktu berkualitas yang dihabiskan bersama ini akan dikenang oleh anak hingga dewasa nanti.

Nah itulah manfaat yang dirasakan anak-anak dengan mengikuti kegiatan berkemah di alam bebas. Sebagai orang tua kita harus mempersiapkan dengan cermat dan membuat acara yang menarik agar anak-anak merasa senang saat berkemah.. Hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh orang tua adalah kenyamanan anak-anak selama berkemah.

Penerangan yang cukup juga merupakan salah satu faktor penting. Dan jangan lupakan juga faktor keamanan perangkatnya.

Berunting sekali saat ini teknologi sudah maju. Ingin berkemah dengan nyaman dan aman sudah ada solusinya. Gunakan saja pembangkit listrik portable yang membuat urusan kenyamanan saat berkemah jadi lebih mudah. BLUETTI AC180 adalah pembangkit listrik portable berkualitas yang kini sudah hadir di Indonesia.

BLUETTI AC180 m memberikan kapasitas 1000 kWH yang dapat digunakan sepenuhnya. Karena BLUETTI memiliki kapasitas total sebesar 1152 kWH. Dengan efisiensi yang tinggi maka kapasitas sebesar 1000 kWH dapat diberikan oleh BLUETTI.

BLUETTI AC180 memiliki 4 buah soket AC dengan nilai 20 A atau 1800 watt. Soket ini dapat dihubungkan dengan berbagai peralatam listrik. Sedangkan untuk outout DC nya, pembangkit listrik ini memiliki 4 port USB A , satu buah port USB C dan sebuah papan pengisi daya nirkabel yang berada dibagian atas unit.

Untuk input, BLUETTI AC 180 memiliki beberapa metode yaitu AC power yang bisa dilakukan di rumah atau menggunakan generator dengan daya 1440 Watt, Solar Power, dan pengisan daya DC yang bisa dilakukan melalui isi daya mobil. Pengisian daya di rumah membutuhkan waktu kurang dari dua jam. Sedangkan pengisian dengan tenaga surya membutuhkan waktu kurang lebih 3.5 jam

BLUETTI AC180 ini sama sekali tidak bermasalah tentang suara. Memang ada suaranya, namun Bluetty AC 180 ini terhitung 'senyap'. sehingga sama sekali tidak mengganggu. Bahkan pada penggunaan kurang dari 100 watt, kipas pembangkit listrik ini tidak menyala, yang artinya tidak bersuara sama sekali.

BLUETTI AC180 ini dilengkapi aplikasi yang dapat diinstal di ponsel android maupun IOS. Melalui aplikasi ini kita bisa memantau berapa banyak daya yang dikonsumsi, maupun daya yang di masukkan ke dalam unit, baik melalui steker listrik maupun tenaga surya. Aplikasi ini juga dapat mengatur secara otomatis berapa lama pembangkit listrik ini dihidupkan.

Keistimewaan lain dari BLUETTI AC180 adalah memiliki mode bluetooth offline yang tetap memungkinkan untuk mengontrol unit saat tidak ada sambunganinternet. Misalnya pada saat berada di alam bebas atau saat terjadi pemadaman listrik.

Nah itulah beberapa informasi mengenai pembangkit listrik BLUETTI AC180. Semoga memberikan manfaat. Dan dari spesifikasi di atas, BLUETTI AC180 ini sangat cocok digunakan untuk berkemah. Dengan BLUETTI AC180, berkemah jadi semakin aman, nyaman, seru dan menyenangkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image