Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fuad Fathurrozi

Peningkatan Keterbukaan Informasi Publik Melalui Mading di Desa Bercak

Eduaksi | Sunday, 13 Aug 2023, 14:36 WIB
Majalah Dinding sebagai Papan Informasi di Desa Bercak

Boyolali (12/08/2023) - Keterbukaan informasi publik adalah prinsip utama dalam pemerintahan yang demokratis. Hal tersebut mengacu pada hak masyarakat untuk mengakses informasi yang dihasilkan oleh pemerintah atau lembaga publik. Prinsip ini menjadi dasar bagi transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi aktif warga dalam proses pengambilan keputusan. Salah satu cara yang umum digunakan untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik adalah melalui penggunaan mading atau papan pengumuman. Mading dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara terbuka.

Balai Desa Bercak belum memiliki platform keterbukaan informasi melalui media online karena banyak masyarakat belum melek teknologi. Informasi yang diberikan berupa media cetak yang ditempel pada papan pengumuman, tetapi pemerintah desa belum menyediakan fasilitas untuk transparansi informasi cetak tersebut. Informasi-informasi yang diterima hanya ditempel di dinding menggunakan plester sehingga beresiko rusak maupun hilang.

Mahasiswa TIM II KKN Undip 2023 berinisiatif melaksanakan kegiatan membuat majalah dinding sebagai fasilitas pemerintah desa dalam melakukan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Target sasaran pemasangan madding yaitu Balai Desa Bercak, SDN Bercak, dan MI Muhammadiyah Bercak. Mading tersebut akan diisi oleh poster dari masing-masing mahasiswa yang berisi mengenai alur pelayanan publik, panduan penggunaan aplikasi, informasi bantuan hukum, manajemen keuangan dan informasi-infomasi penting lainnya.

Kegiatan program multidisiplin Majalah Dinding dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2023. Pembuatan mading dilakukan oleh mahasiswa dengan menggandeng beberapa warga Desa Bercak. Bahan bakunya menggunakan kayu dengan harapan majalah dinding tersebut bertahan lama. Antusiasme warga, perangkat desa, dan mahasiswa KKN Undip membuktikan bahwa program Majalah Dinding berjalan dengan baik. Harapannya adanya program ini dapat membuat masyarakat Desa Bercak semakin melek informasi sehingga tidak adanya penyampaian informasi yang salah antar satu RT/RW/Dusun dengan yang lainnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image