Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Aini

Pinjol Haram Tapi Iklannya Sering Nongol

Agama | Tuesday, 08 Aug 2023, 19:29 WIB

Siapapun yang memiliki HP bisa jadi pernah menerima pesan sms penawaran pinjaman dana. Apalagi yang memiliki HP pintar, memiliki akun medsos, pesan masuk penawaran pinjaman online (pinjol), iklan pinjol dari berbagai akun sangat sering berseliweran. Tak hanya sebatas iklan, perusahaan pinjol yang legal pun diduga digandeng salah satu PTN Islam dan mewajibkan mahasiswa barunya untuk menginstal aplikasi pinjol dengan alasan sponsorship.

Dan peristiwa terakhir yang mengejutkan masyarakat karena kasus pinjol adalah pembunuhan mahasiswa yang dilakukan sesama mahasiswa dengan alasan menguasai harta untuk membayar pinjol. Sungguh ironi negeri yang rakyatnya mayoritas muslim. Perkara yang nyata haram dibiarkan begitu saja bahkan hingga memakan korban.

Telah jelas keharaman riba dalam Al Qur'an. Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (TQS Al Baqarah [2] : 275).

Namun sayang, negeri ini memang mengadopsi sistem sekular, hukum agama tidak diterapkan secara menyeluruh dalam kehidupan. Negeri ini lebih mengagungkan demokrasi yang meletakkan kedaulatan membuat hukum di tangan manusia, makhluk yang lemah penuh keterbatasan.

Terakhir, peringatan Allah dalam surah Al A'raf ayat 96 selayaknya menjadi renungan bersama, agar negeri ini penuh berkah seharusnya ketakwaan menjadi tujuan, melaksanakan seluruh perintah Allah dan menjauhi seluruh larangan Allah.

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

Wallahu a'lam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image