Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Nur Halimah

Mahasiswa KKN Ajak Warga Sulap Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Obat

Edukasi | Monday, 07 Aug 2023, 17:46 WIB
Pelaksanaan Program Kerja Monodisiplin Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tanaman Obat

Klaten (31/07/2023) – Lahan pekarangan rumah di Desa Tambakboyo masih belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal lahan pekarangan bisa dimanfaatkan dengan cara ditanami tanaman yang sering dikonsumsi keluarga, seperti sayur-sayuran dan tanaman obat (jahe, kunyit, lengkuas, kencur dan lainnya). Pemanfaatan pekarangan ini sebagai bentuk upaya penyediaan ragam pangan ditingkat rumah tangga, sehingga nantinya terwujud pola konsumsi pangan keluarga yang beragam, seimbang dan aman karena dari pengelolaan pekarangan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga dan menghemat pengeluaran harian.

Mahasiswa KKN Tim 2 Undip di Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten sudah memulai kegiatan pengabdian desa sejak 7 Juli 2023. Sebagai bentuk upaya peningkatan ketahanan pangan, Mahasiswa KKN Tim 2 Undip melaksanakan program pemanfaatan lahan pekarangan menjadi lahan produktif dengan menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada 31 Juli 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu dari PKK Desa Tambakboyo dan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Tambakboyo. Kegiatan diawali dengan penjelasan pemanfaatan pekarangan rumah, pengenalan jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan manfaatnya, penjelasan proses budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA), sesi diskusi serta pembagian bibit yang sudah ditanam ke Ibu-Ibu PKK.

Bibit Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang sudah ditanam dalam polybag akan dibagikan ke Ibu-Ibu PKK untuk ditanam di pekarangan rumah masing masing. Program pemanfaatan pekarangan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya peningkatan ketahanan pangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image