Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aris Nur Ramdhani

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta: Pulogadung Masih Teratas, Matraman Masuk 5 Besar

Edukasi | Friday, 04 Aug 2023, 07:00 WIB
Foto: Puskesmas Kecamatan dengan Rating Tertinggi Berdasarkan Google Reviews 3 Agustus 2023

Fasilitas pelayanan publik seperti Puskesmas merupakan tempat yang harus senantiasa memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Kepuasan masyarakat sebagai pelanggan terhadap layanan kesehatan dipengaruhi beberapa faktor di antaranya kualitas pelayanan medis, aksesibilitas dan ketersediaan pelayanan, fasilitas dan infrastruktur, komunikasi dan interaksi staf / tenaga kesehatan, efisiensi layanan, pengelolaan pengaduan, biaya pelayanan dan program kesehatan / edukasi.

Pertama kualitas pelayanan medis menjadi faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kemampuan dan kompetensi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

Kedua aksesibilitas dan ketersediaan pelayanan yaitu kemudahan akses ke puskesmas dan ketersediaan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh pelanggan juga dapat mempengaruhi kepuasan. Faktor ini mencakup lokasi, jam operasional, serta ketersediaan fasilitas dan layanan yang diberikan.

Ketiga fasilitas dan infrastruktur di antaranya kondisi fisik bangunan, seperti ruang tunggu yang nyaman, kebersihan fasilitas, dan ketersediaan peralatan medis yang memadai, juga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Keempat komunikasi dan interaksi staf / tenaga kesehatan di mana sikap dan kemampuan tenaga kesehatan dalam berkomunikasi dengan pelanggan serta memberikan penjelasan yang jelas tentang diagnosis, pengobatan, tindakan dan sebagainya dapat memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.

Kelima efisiensi layanan, waktu tunggu yang lama atau prosedur administratif yang rumit dapat menimbulkan ketidakpuasan pada pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat meningkat jika puskesmas dapat memberikan layanan secara efisien dan tanpa hambatan.

Keenam pengelolaan pengaduan yaitu responsifitas terhadap keluhan, saran, atau masukan dari pelanggan merupakan hal penting. Puskesmas yang dapat merespons dan menangani pengaduan dengan baik akan menciptakan rasa dipedulikan pada pelanggan.

Ketujuh biaya pelayanan, biaya pelayanan yang wajar dan transparansi mengenai biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan dapat mempengaruhi kepuasan. Terakhir program kesehatan / edukasi dimana puskesmas yang aktif menyelenggarakan program kesehatan dan edukasi kepada masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi pelanggan dalam upaya kesehatan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kepuasan mereka terhadap pelayanan puskesmas.

Google Reviews merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk memberikan penilaian dan ulasan tentang produk, layanan, atau pengalaman yang mereka dapatkan. Kepuasan pengguna ditampilkan dalam bentuk bintang 1 hingga 5, di mana 1 bintang menunjukkan kekecewaan yang besar dan 5 bintang menandakan tingkat kepuasan yang tinggi. Rating pada Google Reviews dapat menjadi indikator kuat tentang sejauh mana pelanggan merasa puas atau kecewa dengan layanan atau produk yang diberikan oleh bisnis tersebut.

Semakin tinggi rating yang diberikan, semakin besar kemungkinan bahwa pelanggan merasa puas dengan pengalaman mereka. Di era digital seperti sekarang pemberian rating pada Puskesmas tidak luput menjadi sorotan masyarakat. Sebagai fasilitas pelayanan publik yang menjual jasa/layanan menjadi penting bagi Puskesmas terhadap hal ini untuk menjadi perhatian. Bukan semata-mata karena angka rating namun rating menjadi satu tanda ‘terekamnya’ kualitas yang baik pada layanan yang diberikan di tempat tersebut.

Berikut adalah daftar Puskesmas Kecamatan terbaik di DKI Jakarta berdasarkan rating Google Reviews tanggal 3 Agustus 2023:

1. Puskesmas Kecamatan Pulogadung: 4,8 dengan 2.682 ulasan
2. Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru: 4,7 dengan 1.705 ulasan
3. Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk: 4,6 dengan 2.332 ulasan
4. Puskesmas Kecamatan Pancoran: 4,6 dengan 1.495 ulasan
5. Puskesmas Kecamatan Matraman: 4,6 dengan 837 ulasan
6. Puskesmas Kecamatan Palmerah: 4,4 dengan 853 ulasan
7. Puskesmas Kecamatan Koja: 4,4 dengan 633 ulasan
8. Puskesmas Kecamatan Kembangan: 4,3 dengan 594 ulasan
9. Puskesmas Kecamatan Johar Baru: 4,2 dengan 277 ulasan
10. Puskesmas Kecamatan Cakung: 4,1 dengan 631 ulasan

Posisi pertama, kedua dan ketiga masih diduduki Pulogadung, Kebayoran Baru dan Kebon Jeruk. Puskesmas Kecamatan Pancoran dan Matraman yang sebelumnya berada di bawah, kini melesat ke posisi 5 Besar. Posisi 6 hingga 10 terjadi susul menyusul peringkat.

Meskipung rating pada Google Reviews dapat memberikan gambaran tentang kepuasan pelanggan, tetapi juga penting untuk diingat bahwa rating bukanlah satu-satunya faktor yang harus diperhatikan dalam mengukur kepuasan pelanggan. Terkadang, ada pelanggan yang puas tapi tidak memberikan ulasan, atau sebaliknya, ada pelanggan yang tidak puas dan memberikan ulasan negatif. Karena itu, Puskesmas perlu berusaha secara aktif dalam meningkatkan kualitas layanan, produk atau jasa agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image