Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Cara Tingkatkan Imun Bayi Saat Cuaca Ekstrem

Gaya Hidup | Wednesday, 02 Aug 2023, 16:14 WIB
Sumber gambar: Freepik

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat tubuh rentan sakit, baik orang dewasa maupun bayi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan tubuh sang anak.

Banyak cara yang dapat Moms Dad terapkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi saat cuaca ekstrem. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Moms terapkan untuk membantu meningkatkan imunitas bayi.

1. Memberikan ASI eksklusif

Jika bayi Anda masih menyusu, berikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama. ASI mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

2. Penuhi nutrisi yang tepat

Pastikan bayi mendapatkan nutrisi yang tepat dari makanan atau susu formula yang sesuai dengan usianya. Nutrisi yang baik dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuhnya.

3. Jaga kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan bayi dan lingkungannya agar terhindar dari infeksi dan penyakit. Selalu cuci tangan sebelum menangani bayi, dan pastikan peralatan bayi seperti botol susu, dot, mainan, dan pakaian tetap bersih.

4. Hindari paparan patogen

Selama cuaca ekstrem atau musim flu, hindari membawa bayi ke tempat-tempat yang ramai atau terpapar langsung dengan orang yang sakit. Jaga jarak dan hindari kontak langsung dengan orang-orang yang terinfeksi.

5. Pertahankan suhu tubuh yang nyaman

Pastikan bayi tetap hangat saat cuaca dingin dan dingin saat cuaca panas. Bayi rentan terhadap perubahan suhu ekstrem, jadi pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.

Moms juga bisa mengoleskan minyak telon Habbie untuk memberikan sensasi hangat pada tubuh baby. Gunakan setelah mandi, akan beraktivitas, atau sebelum tidur untuk kehangatan maksimal.

6. Berikan vaksinasi sesuai jadwal

Mengikuti jadwal vaksinasi yang direkomendasikan oleh tenaga medis membantu melindungi bayi dari penyakit serius dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

7. Sediakan ventilasi yang baik

Jika cuaca ekstrem sangat panas, pastikan bayi tetap dalam lingkungan dengan ventilasi yang baik dan terhindar dari dehidrasi. Jangan biarkan bayi terpapar langsung sinar matahari dan selalu berikan air yang cukup.

8. Lakukan aktivitas fisik yang sesuai

Untuk bayi yang sudah dapat bergerak, dorong aktivitas fisik yang sesuai dengan usia dan kondisi bayi. Aktivitas fisik membantu meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh.

9. Kurangi stress

Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Cobalah menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman bagi bayi.

10. Konsultasikan dengan dokter

Jika Moms memiliki kekhawatiran tentang kesehatan bayi atau ingin memastikan cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, selalu konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis.

Ingatlah bahwa bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang sedang berkembang, jadi perlu dijaga dengan baik. Dengan memberikan perhatian dan perawatan yang tepat, Moms Dad dapat membantu melindungi bayi Anda dari penyakit selama cuaca ekstrem.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image