Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Ar Risalah

MAS Ar Risalah Juara Cerdas Quran Tingkat Sumbar

Eduaksi | Tuesday, 01 Aug 2023, 14:06 WIB
Siswa MAS Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang menerima hadiah juara 3 Cerdas Quran Padang TV, Senin (31/7/2023). [Foto: Instagram Padang TV]

Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, berhasil meraih juara 3 Cerdas Quran Padang TV tingkat SMA/MA sederajat se-Sumatera Barat (Sumbar).

Dengan raihan itu, tiga orang siswa MAS PIAR yang berlaga pada ajang tersebut, yakni Ain Syams Al-Qohiry, Abdullah, dan Ubaidah Al Hasan, berhak membawa pulang tropi, sertifikat, dan uang tunai Rp2 juta.

Babak grand final lomba itu berlangsung pada Senin (31/7/2023), dan disiarkan langsung oleh Padang TV, sebuah stasiun televisi di Sumbar. Lomba juga disiarkan di akun resmi Youtube-nya Padang TV.

Babak itu dikuti oleh enam tim, yakni masing-masing satu tim dari MAS PIAR, SMK Negeri 1 Luak Limapuluh Kota, SMA Negeri 3 Batusangkar, SMA Negeri 1 Padang, dan SMA Negeri 2 Payakumbuh, lalu dua tim dari SMA Negeri 1 Padang.

Lomba berlangsung seru. Siswa dari berbagai sekolah itu diajak untuk dites kemampuan dalam hafalan Alquran, baik sambung ayat, terjemahan, dan sebagainya.

Pada ajang itu, SMK Negeri 1 Luak keluar sebagai pemenang pertama dan mendapatkan hadiah umrah gratis. Lalu, juara 2 diraih oleh SMA Negeri 2 Payakumbuh, dan mendapatkan uang tunai Rp3 juta. Selain itu, para pemenang juga mendapatkan hadiah tropi dan sertifikat.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang ikut hadir menyaksikan lomba itu mengucapkan selamat kepada peserta yang bertanding. Ia mengatakan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi, termasuk dalam bidang agama.

"Kita apresiasi adik-adik kita. Tetapi, dalam perlombaan, sudah biasa ada yang menang dan ada yang kalah. Tetapi, mereka sudah berjuang dan berusaha," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Padang TV yang telah menggelar lomba ini. Ia berharap lomba Cerdas Quran ini bisa diselenggarakan secara konsisten tiap tahunnya. Tujuannya agar bisa memotivasi generasi muda Sumbar untuk mempelajari Alquran dan menerapkannya dalam keseharian. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image