Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

Sinergi Perguruan Tinggi dalam Hilirisasi Pengabdian Masyarakat

Eduaksi | Wednesday, 29 Dec 2021, 10:36 WIB
Foto bersama bapak Sekertaris Desa dan warga Desa Pantai Harapan Jaya - Muara Gembong Bekasi pada 23 Desember 2021 (Dok. UMJ)

Jakarta - Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki berbagai hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satu hasil penelitian yang diterapkan, mendapat bantuan dana program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian perguruan tinggi swasta tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi adalah produktivitas rumah hidroponik melalui pelatihan implementasi utilitas air dan pelatihan pemasaran produk olahan rumput laut pada Desa Pantai Harapan Jaya – Muara Gembong, Bekasi.

Sebagaimana diketahui, Desa Pantai Harapan Jaya merupakan kawasan sentra penghasil rumput laut terbesar, namun masyarakat menghadapi kesulitan dalam pengadaan air bersih. Desa yang juga menjadi desa binaan dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas pertanian UMJ, mendapatkan peluang pembinaan dalam pengadaan air bersih melalui hibah yang diberikan oleh Ditjen Kemendikbutristek.

Penyampaian pelatihan oleh Ibu Renty Anugerah Mahaji Puteri, selaku Instruktur Pelatihan Tim Pengabdian Masyarakat UMJ di Desa Pantai Harapan Jaya, Bekasi pada 23 Desember 2021

Selain itu kegiatan pengabdian masyarakat juga berkolaborasi dengan 4 bidang keilmuan yaitu Teknik kimia, Teknik Industri, Agroteknologi dan Manajemen Akutansi dengan tim yang beranggotakan 35 orang serta diketuai oleh Ibu Ummul Habibah Hasyim salah satu dosen di Program Studi Teknik Kimia UMJ.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan pada hari kamis tanggal 23 Desember 2021. Acara dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Terdapat 50 warga yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, dihadiri langsung oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Pantai Harapan Jaya yaitu bapak Sadam Husen.

“Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh UMJ diharapkan dapat memberikan ilmu yang dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada di depan rumah. Harapan kedepannya agar kegiatan ini dapat berlangsung berkelanjutan dan dapat mencapai cita cita bersama. Dengan adanya binaan di pantai harapan jaya bisa menjadi manfaat dan berkah untuk kita semua” Ungkap sekertaris desa bapak Sadam Husen di Muara Gembong, Bekasi.Kamis, 23 Desember 2021.

Selain ilmu yang diberikan, juga terdapat penyerahan Alat Filtrasi air yang sudah dilengkapi R.O. alat filtrasi ini dapat mengubah air sadah menjadi air tawar yang dapat langsung di manfaatkan dan diminum oleh masyarakat. Alat ini diserahkan langsung ke Sekdes Desa Pantai Harapan Jaya.

Diharapkan dengan hilirisasi hasil penelitian dalam pengabdian masyarakat dapat membawa dampak luas bagi masyarakat, sehingga hasil penelitian tidak lagi menjadi naskah cetak yang tidak termanfaatkan dengan maksimal.

Kata Kunci : Desa pantai harapan jaya, Pengabdian Masyarakat, UMJ.

Baca Juga: Sinergi Perguruan Tinggi dalam Hilirisasi Pengabdian Masyarakat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image