Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

7 Hacks Persiapan Anak Masuk Sekolah di Tahun Ajaran Baru

Eduaksi | Monday, 24 Jul 2023, 16:26 WIB
Sumber: freepik

Banyak persiapan yang musti dilakukan baik orang tua dan anak untuk menyambut tahun ajaran baru, khususnya bagi anak yang baru pertama kali masuk sekolah. Persiapan tersebut dimulai dari bagaimana memilih sekolah yang tepat bagi anak hingga perlengkapan anak saat masuk ke sekolah.

Namun, tidak hanya itu Moms juga perlu mempersiapkan fisik dan mental si kecil untuk menghadapi hari pertamanya masuk sekolah. Lantas apa saja persiapan yang perlu Moms dan Dad lakukan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Persiapan Anak Masuk Sekolah

1. Persiapan perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah yang wajib disiapkan adalah baju seragam, sepatu, tas, dan alat tulis. Untuk menambah semangat anak, Anda bisa mengajak mereka untuk memilih sendiri peralatan sekolah yang mereka inginkan. Hal ini dapat menambah motivasi dan bonding Moms dengan si kecil. Namun, tetap sesuaikan budget dengan merencanakan pengeluaran Anda terlebih dahulu.

2. Biasakan bermain di luar dengan teman sebaya

Biarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya untuk melatih keberanian anak dalam berbicara dengan orang lain. Moms dapat memulai dengan lingkungan keluarga besar kemudian lingkungan bermain sekitar rumah. Ajak anak bermain di waktu sore hari dengan berjalan-jalan di lingkungan perumahan.

3. Jaga kesehatan si kecil

Saat pertama kali masuk sekolah Moms perlu memberikan perlindungan khusus untuk si kecil. Misalnya memberi vitamin kepada anak atau mengoleskan minyak kayu putih untuk melindungi anak dari udara dingin.

Berikan minyak kayu putih Habbie untuk melindungi anak dari masuk angin dan menjaga fokus anak saat belajar. Minyak kayu putih Habbie memiliki varian yang bermacam-macam dengan aroma segar, manis, dan menenangkan.

4. Siapkan bekal makan anak

Moms dapat mempersiapkan bekal makan yang anak sukai agar anak lebih bersemangat saat masuk pertama kali ke sekolah. Moms dapat mengajak anak dalam menyiapkan bekal makanan sesuai selera mereka, namun tetap amati nutrisi yang diberikan untuk menjaga gizi selama anak bersekolah.

5. Komunikasikan kebutuhan dengan anak

Orang tua memang mempersiapkan sesuatu yang terbaik untuk anak, namun Moms dan Dad tetap harus mengetahui apa yang anak butuhkan serta inginkan. Moms Dad bisa menanyakan kepada anak apa yang mereka butuhkan saat berada di sekolah.

6. Siapkan keperluan anak jauh-jauh hari

Mempersiapkan keperluan anak untuk bersekolah harus jauh-jauh hari untuk menghindari barang yang terlupa dan penuhnya pusat perbelanjaan menjelang tahun ajaran baru. Moms Dad dapat mencatat terlebih dahulu apa saja keperluan anak saat akan bersekolah lalu tanyakan kebutuhan anak dan jika sudah tersusun jangan lupa tetap sesuaikan anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Ingat, tetap hemat jangan boros ya Moms!

7. Support dengan apresiasi

Berikan support kepada anak, salah satunya dengan memberikan apresiasi seperti pujian atau hadiah kecil. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan semakin termotivasi untuk menghadapi hari-hari belajar berikutnya.

Setelah pulang sekolah, ajaklah anak untuk berbagi pengalaman hari pertamanya di sekolah. Mendengarkan ceritanya adalah momen penting agar Moms mengetahui apa yang dialami anak pada hari tersebut.

Yups Moms, itu dia beberapa tips yang bisa Moms Dad lakukan untuk mempersiapkan berbagai keperluan anak saat akan masuk sekolah agar lebih fokus dan lancar di hari pertamanya. Selain menyiapkan berbagai keperluan untuk sekolah Moms Dad juga perlu memberikan support untuk si kecil agar si kecil tetap bersemangat saat sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image