Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah Cara Mengubah Kecerahan Senter pada Android

Teknologi | Sunday, 23 Jul 2023, 20:48 WIB
Atur senter pada Android (samsung.com/SSDarindo)

Pernahkah Anda berada di ruangan yang sangat gelap dan mencoba menggunakan senter ponsel Anda, namun ternyata cahayanya terlalu terang dan tidak nyaman atau terlalu redup dan lemah? Salah satu dari situasi ini dapat mempersulit Anda untuk melihat dengan baik di lingkungan yang gelap.

Namun, jika Anda memiliki ponsel Samsung Galaxy atau perangkat yang menjalankan Android 13, Anda beruntung. Anda dapat menyesuaikan kecerahan senter pada ponsel cerdas Anda agar lebih nyaman dan cocok untuk berbagai situasi.

Dikutip dari laman MUO, begini cara agar mengubah senter pada Android.

Metode 1: Sesuaikan Kecerahan Senter di Ponsel Samsung Galaxy

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung Galaxy, menyesuaikan kecerahan senter di ponsel Anda akan sangat mudah, karena perangkat Samsung menawarkan opsi bawaan untuk melakukan hal ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengakses fitur ini:

1. Gesek ke bawah dari bagian atas layar Anda untuk membuka panel Pengaturan Cepat.

2. Cari ikon Obor atau Senter dan tekan lama. Tindakan ini akan memperluas menu pengaturan obor.

3. Ketuk sakelar sakelar di sebelah Mati untuk menyalakan senter.

4. Setelah dinyalakan, Anda akan melihat penggeser kecerahan disorot, menampilkan tingkat mulai dari 1 hingga 5. Dengan menggesernya dari kiri ke kanan, Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi tingkat kecerahan senter berdasarkan preferensi Anda.

5. Dua Gambar

6. Menutup

Setelah Anda mengatur kecerahan yang diinginkan, ketuk di mana saja di luar panel Pengaturan Cepat untuk menutupnya. Senter Anda sekarang akan beroperasi pada tingkat kecerahan yang dipilih.

Metode 2: Gunakan Aplikasi Senter Tiramisu untuk Android 13

Meskipun Anda tidak memiliki ponsel Samsung Galaxy, jangan putus asa dulu. Bagi mereka yang menggunakan Android 13 atau lebih baru, ada aplikasi khusus bernama Flashlight Tiramisu oleh Polodarb yang memungkinkan Anda mengatur kecerahan senter perangkat Anda.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka minimalis yang menampilkan penggeser sederhana. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa Flashlight-Tiramisu tidak kompatibel secara universal dengan semua perangkat yang menjalankan Android 13. Aplikasi ini membutuhkan Hardware Abstraction Layer (HAL) versi 3.8 atau lebih tinggi agar berfungsi dengan benar. Oleh karena itu, biasanya didukung oleh perangkat Android yang lebih baru, antara lain Pixel 6 dan 7 dan Samsung S23.

Flashlight-Tiramisu tidak tersedia di Play Store. Sebagai gantinya, Anda dapat mengunduh aplikasi sebagai file APK dari repositori resmi F-Droid. F-Droid adalah salah satu situs terbaik untuk mengunduh APK yang aman, sehingga Anda dapat yakin bahwa mengunduh aplikasi Tiramisu dari situs web ini tidak akan membahayakan perangkat Anda.

Sesuaikan Kecerahan Obor di Android 13

Setelah diunduh, ketuk Instal dan ikuti petunjuk di layar untuk mendapatkan aplikasi di ponsel Anda. Buka aplikasi dan geser penggeser di layar untuk menyesuaikan kecerahan senter.

Selain menyesuaikan kecerahan senter, Flashlight Tiramisu menawarkan fitur tambahan untuk pengalaman yang dipersonalisasi. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk menyimpan nilai slider sebagai kecerahan default untuk senter Anda. Dengan menyetel tingkat kecerahan pilihan Anda dan menyimpannya, Anda dapat memastikan senter selalu menyala pada intensitas yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda dapat mengaktifkan Slider untuk mengaktifkan pengaturan senter agar lebih nyaman. Opsi ini menghilangkan kebutuhan untuk mengaktifkan senter secara terpisah dan sebagai gantinya mengaktifkannya secara langsung saat menyesuaikan penggeser kecerahan.

Anda juga dapat memilih rangkaian nilai kecerahan mana yang ingin ditampilkan pada tombol segmen penggeser. Semua pengaturan ini dapat diubah dengan mengetuk ikon pengaturan di pojok kanan atas layar.

Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan senter pada perangkat Android Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memastikan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda dalam situasi yang berbeda.

Sementara ponsel Samsung menawarkan opsi bawaan untuk mengubah kecerahan senter, pemilik ponsel terbaru dengan Android 13 juga dapat mengontrol kecerahan senter perangkat mereka menggunakan aplikasi Flashlight Tiramisu khusus. Namun, ingatlah untuk memeriksa apakah perangkat Anda memenuhi persyaratan sistem aplikasi sebelum mengunduhnya di ponsel Anda. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image