Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Mana yang Lebih Sehat, Susu Dingin atau Susu Panas?

Edukasi | Thursday, 20 Jul 2023, 12:59 WIB

TANGSEL - Susu sering menjadi alternatif minuman bergizi yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak, biasanya diminum saat pagi hari sebelum sarapan atau malam hari sebelum tidur. Banyak terdapat sumber kalsium dan vitamin D, susu bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

Image by Rabiatul Adawiyah / PT Rumbaka

Tak hanya anak-anak, orang dewasa yang rutin mengonsumsi susu merasakan langsung manfaatnya. Saat mengonsumsi susu setiap hari, tubuh kita akan memiliki lebih banyak kadar glutathione dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi susu. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan otak dari kerusakan paparan radikal bebas.

Banyak orang menikmati susu dengan cara yang berbeda-beda, tergantung selera yang menikmatinya. Ada yang minum susu dalam keadaan dingin, maupun hangat. Lalu untuk susu dingin atau susu panas, manakah yang lebih sehat?

Sebenarnya, susu yang diminum saat dingin maupun hangat, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena tidak akan kehilangan kandungan gizinya. Walaupun ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa susu dingin lebih aman di lambung daripada susu hangat, terutama jika punya masalah lambung.

1. Manfaat Minum Susu Hangat

Susu hangat bisa membantu melancarkan pencernaan tubuhmu, terutama saat mengalami diare untuk menghilangkan rasa kembung di bagian perut. Selain itu, susu hangat juga membantu anak lebih cepat tidur, karena mengandung komponen tryptofan dan melatonin.

Saat cuaca dingin, susu hangat bisa membantu menaikkan suhu internal tubuh dan memberikan dorongan energi. Selain itu, potasium dalam susu membantu merelaksasi otot dan meredakan tekanan saraf.

2. Manfaat Minum Susu Dingin

Susu dingin juga memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi pagi hari karena membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan menenangkan pikiran. Selain itu bisa membantu mengurangi rasa tak nyaman pada perut saat kadar asam lambung meningkat. Sebaiknya, tidak memberi susu dingin pada anak saat malam hari karena bisa membuat sulit tidur dan akan membuatnya merasa segar.

Sama halnya seperti susu Urra yang bisa dikonsumsi selagi hangat atau dingin, tidak ada perbedaan dari segi nutrisi karena sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Susu Urra dengan protein yang tinggi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Tapi, perlu diingat untuk minum susu hangat atau dingin sangat tidak disarankan bagi yang punya alergi susu atau intoleransi laktosa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image