Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Man Jadda Wajada

Agama | Sunday, 16 Jul 2023, 15:46 WIB
Prof. Dinn Wahyudin. (istimewa)

Oleh: Prof. Dinn Wahyudin

Alkisah ada seorang anak dari Tanah Minangkabau yang bercita cita menjadi seorang ilmuwan seperti BJ Habibie. Ia bernama Alif, seorang anak desa yang selalu taat pada orangtuanya. Ibunya menghendaki Alif kelak menjadi seorang sosok kyai seperti Buya Hamka. Dengan berat hati, Alif memutuskan untuk belajar sesuai harapan ibunya. Ia pergi ke sebuah pesantren yaitu Pondok Madani di Jawa Timur.

Awalnya Alif sangat berat untuk belajar di pesantren. Selama mondok, ia berkawan dengan lima santri yang berasal dari 5 daerah yang berbeda. Mereka adalah Said dari Surabaya, Lubis dari Medan, Dulmajid dari Madura, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa. Mereka berenam berusaha keras untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan kehidupan mondok di pesantren.

Berkat bimbingan Ustaz dan pimpinan pondok pesantren setempat, Alif dan kawan kawan mampu belajar keras dan bekerja keras dan menyesuaikan diri dengan kultur kehidupan pesantren. Takkala belajar usai, mereka berenam selalu berkumpul di dekat menara mesjid dan menyebut dirinya sebagai Sahibul Menara atau para pemilik menara.

Dengan bimbingan langsung dari kyai pemimpin pondok dan Ustaz, para santri di pesantren tersebut belajar mengaji dan belajar ilmu agama lainnya. Mereka senantiasa mendapat suntikan semangat dari pimpinan pondok dan ustaz favoritnya. Salah satunya, bernama Ustaz Salam yang senantiasa memberikan semangat dengan ungkapan bergelora, sebuah peribahasa dalam bahasa Arab yang berbunyi Man Jadda Wajada, artinya, Siapa yang bersungguh sungguh, pasti akan berhasil. Atau kutipan indah lainnya yang dilontarkan sang Ustaz dengan ungkapan motivasional Man shabara Zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Jangan sedih dengan cobaan dan penderitaan hari ini, ananda. Jalani saja. Belajar dengan tekun untuk masa depan yang lebih baik. Ayo belajar keras.

Itulah ungkapan arif, peribahasa dalam bahasa Arab Man Jadda Wajada yang selalu dipompakan Ustaz Salman kepada para santri dan Sahibul Menara di Pondok Pesantren Masani Jawa Timur. Melalui suntikan semangat man jadda wajada itulah para santri dan enam sekawan Sahibul menara mampu belajar keras mendalami ilmu agama dan ilmu lainnya.

Kisah ini dicuplik dari Film bertajuk Negeri 5 Menara, 2012 yang disutradarai Afandi Abdul Rahman. Atau trailer filmnya bisa diakses pada tautan https://www.google.com/search?q=sinopsis+film+trailer+negeri+5+mwnara+neflix+download

Peran Ustaz

Dalam konteks pendidikan, menurut KBBI ( 2023) ustaz untuk laki-laki dan ustazah untuk perempuan dimaknakan sebagai guru agama atau guru besar (dalam agama Islam).

Di Persia dan di negara berbahasa Arab, kata Ustaz mengacu pada kualifikasi seorang Profesor di suatu universitas atau Dosen. Bahkan di Persia pada zaman dahulu, seorang pelukis dan seniman kaligrafi sering dipanggil Ustaz, karena kepiawaiannya dalam bidang seni musik dan kaligrafi.

Di Pakistan, seorang seniman dan penyanyi kondang seperti Nusrat Fateh Ali Khan, sering dipanggil ustaz karena kepiawaiannya dalam nyanyian Qawali. Dalam bahasa Inggris, ustaz dimaknakan sebagai master. Mereka merupakan sosok yang melahirkan karya bermutu atau karya masterpiece. (Abdul Hadi, 2022).

Di negeri jiran Malaysia, kata ustaz sering diartikan sebagai guru agama Islam, as devoted to those who teach religion or Islamic teaching in schools, madrasahs, mosques, huts and so on. Tok Guru refers to religious teachers who have spiritual leadership.(educalingo, 2022).

Berdasarkan uraian singkat di atas, tugas seorang ustaz atau ustazah adalah memberikan pendidikan kepada peserta didik atau santri atau masyarakat luas dengan mengayomi, mengajarkan, mendidik, membina, membimbing, mengarahkan, melatih, mengasuh, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam ilmu agama dan ilmu lainnya yang memberi kemaslahatan bagi masyarakat.

Lukman Al Hakim adalah sosok teladan dalam mendidik anak. Keteladanan Lukman Al Hakim ini telah diabadikan dalam Al Quran Al Karim agar menjadi pedoman dan menjadi contoh bagi umat sesudahnya. QS Luqman ayat 13, "Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberikan pelajaran kepada anaknya, hai anakku janganlah kamu mempersekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar benar kezaliman ywng besar".

Kaitannya dengan ungkapan motivasi man jadda wajada, terdapat dalam QS Al Baqarah ayat 286, Laa yukallifulla nafsan illa wus'aha. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.

Dalam konteks ini, apapun masalah yang dihadapi, Allah tahu bahwa kita mampu menghadapinya. Oleh sebab itu kita harus bersungguh sungguh melakukan hal yang menjadi pilihan (yang baik) kita.

Ungkapan yang senada, ditorehkan dalam Firman Allah QS Ar Ra'd ayat 11, ...Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka merubah keadaan yang ada pada dirinya sendiri.***

Penulis adalah Guru Besar Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image